Tips dan Trik Memperbaiki Kinerja Smartphone Android yang Lamban

Dibutuhkan tips dan trik agar kinerja ponsel tetap terjaga.
Share:

TANGERANG, ULTIMAGZ.com — Beberapa pengguna smartphone, khusunya dengan platform Android, pastinya pernah mengalami rasa jengkel ketika kinerja smartphone mulai menjadi lamban. Lambatnya kinerja ini, biasanya terjadi setelah smartphone digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama. Daripada terus-menerus memendam rasa jengkel, ada baiknya mencoba beberapa tips berikut ini, agar kinerja smartphone anda tak lagi menjadi lamban.

 

  1. Bersihkan junk files pada smartphone

Sadar atau tidak, saat kamu mulai menjelajah alias browsing melalui aplikasi mobile seperti Instagram, Facebook seluler, dan lain sebagainya, aplikasi tersebut akan menyisakan file-file “sampah” pada handphonemu.

File-file “sampah” ini umumnya berupa berkas data yang digunakan untuk menampilkan konten terdahulu dari aplikasi yang pernah kamu buka dan file tersebut diunduh secara otomatis. Tanpa kamu sadari, ukuran junk files yang cukup besar ini, lama kelamaan akan memperlambat kinerja smartphone, serta mengurangi space memori penyimpanan pada smartphone.

Untuk membersihkan junk files dengan mudah, kamu bisa mencoba untuk menghapus junk files melalui aplikasi memory cleaning yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

Hal lainnya yang perlu diingat ialah aplikasi semacam memory cleaning hanya akan menghapus berkas sampah bukan data yang kita simpan, sehingga aman untuk digunakan.

 

  1. Kelola aplikasi yang terpasang dalam smartphone

 

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan ialah meninjau ulang aplikasi apa saja yang terpasang dalam smartphone. Jika ada beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan, ada baiknya untuk meng-uninstall aplikasi tersebut, agar memori menjadi lebih “lega” dan kinerja smartphone menjadi lebih ringan.

 

  1. Selektif dalam meng-update aplikasi

 

Pada umumnya, aplikasi yang dipasang pada smartphone, akan menawarkan penggunanya untuk mengunduh aplikasi versi terbaru atau bahkan langsung mengunduh aplikasi versi terbaru. Ada baiknya kamu memilih ulang aplikasi yang hendak untuk diperbaharui terlebih dahulu. Pasalnya, aplikasi versi terbaru biasanya memakan memori yang tak kalah banyak dari versi sebelumnya.

Perhatikan juga baik-baik apa saja yang ditawarkan oleh aplikasi versi terbaru, dengan cara mengecek peningkatan fitur aplikasi versi terbaru melalui Google Play Store.

Untuk melihat apa saja peningkatan fitur pada aplikasi versi terbaru, pengguna dapat mengeceknya melalui Android Playstore.
Untuk melihat apa saja peningkatan fitur pada aplikasi versi terbaru, pengguna dapat mengeceknya melalui Google Play Store.

 

Selama kamu merasa aplikasi yang kini kamu gunakan tidak mengalami bug ataupun error, serta masih bisa menjalankan fitur dengan baik, maka tidak memperbaharui aplikasi bisa jadi pilihan yang cukup bijak.

 

  1. Jangan bebani RAM dengan terlalu banyak aplikasi dalam satu waktu

 

Memperhatikan kapasitas RAM yang tengah tersedia dalam ponsel bisa menjadi hal yang cukup penting, apalagi ketika banyak aplikasi tengah berjalan dalam satu waktu. Ketidaktersediaannya ruang RAM, akan menyebabkan smartphone menjadi lamban dalam menjalankan aplikasi, dan bahkan untuk kasus-kasus tertentu, akan menyebabkan kegagalan pada aplikasi yang dibuka.

Jika RAM smartphone sudah terlalu penuh, maka kemungkinan terjadinya deadlock alias hang, bisa meningkat secara drastis. Maka dari itu, cobalah untuk menghentikan aplikasi yang sudah tidak digunakan atau mengurangi jumlah aplikasi yang tengah berjalan di smartphone. Kamu bisa mengelola aplikasi yang tengah berjalan melalui menu setelan aplikasi.

Kapasitas RAM smartphone dapat diketahui dalam menu setting.
Kapasitas RAM smartphone dapat diketahui dalam menu setelan.

 

 

Semoga tips trik dasar diatas mampu mempercepat kembali kinerja smartphone anda. Selain menerapkan tips trik diatas, merawat perangkat keras smartphone, seperti kamera, baterai, dan perangkat lainnya juga tak kalah penting.

 

Penulis : Elisabeth

Editor : Petrus Tomy

Foto : bgr.com