6 Cara Sederhana Mengurangi Kadar Stres

Kadar stres bisa diturunkan dengan berbagai tips sederhana.
Share:

TANGERANG, ULTIMAGZ.com — Terlalu banyak permasalahan yang dihadapi bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami kekacauan mental alias stres. Stres bisa dihadapi dengan beragam cara, mulai dari cara yang sederhana sampai yang cukup kompleks. Berikut beberapa cara sederhana yang layak kamu coba untuk mengurangi kadar stres yang dialami. Simak ya, Ultimates!

 

  1. Istirahatkan tubuh sejenak

Cobalah luangkan waktu sejenak untuk beristirahat dan cari suasana yang baru di sekitar lingkungan. Tak perlu pergi ke tempat yang baru, cukup dengan menjelajah lingkungan sekitar ataupun taman untuk mencari udara segar nan menyejukkan. Segarnya udara dan keadaan lingkungan yang tak terlalu padat bisa menenangkan pikiran kembali.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan ialah waktu tidur. Pastikan kamu memiliki waktu tidur minimal tujuh jam per hari.

 

  1. Banyak minum air putih

Kurangnya konsumsi air putih bisa menurunkan tingkat konsentrasi, bahkan memicu timbulnya stres. Minumlah air putih minimal 1,5 – 2 liter per hari agar metabolisme tubuh bisa berjalan dengan baik, dan pikiran bisa fokus kembali. Hindari juga terlalu banyak meminum minuman bersoda, karena lebih banyak membawa dampak negatif bagi tubuh.

 

  1. Sempatkan diri untuk berolahraga

Dengan berolahraga, maka secara tak langsung tubuh akan mengeluarkan hormon serotonin, yakni hormon yang mampu membuat seseorang merasa senang. Beberapa olahraga sederhana yang dapat kamu coba untuk meredakan stres ialah renang, menari, jalan sehat, dan lainnya.

 

  1. Luangkan waktu untuk melakukan hobi

Sesekali kamu perlu melampiaskan stres tersebut ke hobimu, agar pikiran merasa rileks. Hobi bisa dikatakan salah satu cara yang mampu menurunkan kadar stres dalam waktu yang cukup singkat. Karena dengan melakukan hobi, seseorang akan mengalami kepuasan (baik secara fisik maupun batin) dan mampu membangkitkan gairah untuk hidup.

 

  1. Tuturkan keluh kesah pada sahabat dan orang terdekat

Berkomunikasi dengan orang terdekat alias curhat bisa jadi alternatif yang mampu menurunkan stres. Tak hanya mengungkapkan keluh-kesah yang tengah dihadapi, namun kita juga akan mendapatkan saran dari orang terdekat mengenai kendala yang sedang kita hadapi.

 

  1. Mulai pola makan yang sehat

Menu makanan yang tak sehat bisa jadi salah satu pemicu terjadinya stres. Ketidak seimbangan asupan makanan dapat menyebabkan rendahnya nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh, sehingga organ di dalam tubuh tidak mampu berfungsi secara optimal, terutama otak.

Dalam menjalankan peranannya yang beragam, otak tentunya membutuhkan banyak nutrisi. Oleh karena itu, mulailah memperbaiki pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, berserat tinggi, kaya akan vitamin, dan berprotein tinggi.

Ikan, wortel, apel dan beragam sayur dan buah-buahan bisa jadi makanan yang kamu cantumkan di dalam menu makananmu.

 

Kesimpulannya, pola hidup yang sehat bisa dijadikan salah satu penangkal yang cukup baik dari serangan stres. Meskipun hal tersebut tidak menjamin seseorang terlepas dari stres dan masalah, namun setidaknya akan terbebas dari beragam penyakit, seperti penyakit jantung, hati, dan lainnya.

 

Penulis : Elisabeth

Editor : Alif Gusti Mahardika

Foto : actmentalhealth.com

  • Stefani Via

    Stres adalah suatu dinamika umum yang dialami manusia. Berbeda dengan gangguan psikologis lain, stres normal terjadi karena setiap hari manusia bertemu dengan stressor. Tri Kurniati Ambarini, M.Psi., Psikolog selaku dosen Fakultas Psikologi (FPSi) Universitas Airlangga (UNAIR) mengatakan bahwa ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menangani stres. Yuk langsung aja klik link berikut ya, terimakasih : http://news.unair.ac.id/2019/10/18/kenali-kemampuan-diri-jadi-cara-jitu-kurangi-stres/