UNESCO Tetapkan Gunung Rinjani Sebagai Geopark Dunia

Rinjani yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditetapkan sebagai geopark dunia oleh Badan dunia UNESCO dalam sebuah sidang UNESCO pada Kamis (08/04/18).
Share:

MATARAM, ULTIMAGZ.com – Kabar membanggakan datang dari Pulau Lombok. Gunung Rinjani yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditetapkan sebagai geopark dunia oleh Badan dunia khusus Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang bergerak di bidang Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO) dalam sidang UNESCO pada Kamis lalu (08/04/18).

“Sidang UNESCO Executive Board, Kamis, 12 April 2018, di Paris, telah menetapkan Geopark Rinjani sebagai anggota baru UNESCO Global Geopark (GGN),” ujar Chairul Mahsul sebagai General Manager Geopark Rinjani dilansir Antara pada Sabtu (14/04/18)

Chairul yang merupakan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemerintah Provinsi NTB mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pencapaian status Rinjani sebagai geopark dunia.

“Selamat dan terima kasih kepada semua sahabat Rinjani yang telah membantu pencapaian status Gobal Geopark tersebut bisa tercapai.”

Gunung Rinjani berada di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang mencakup empat wilayah di Pulau Lombok, mulai dari Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Timur. Rinjani memiliki ketinggian  3.726 meter dari permukaan laut.

Geopark atau geological park yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi taman geologi atau taman bumi adalah Kawasan yang memiliki unsur geologi dan masyarakat di sekitarnya berperan dalam melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam yang ada di dalamnya.

UNESCO memiliki konsep asas geopark sebagai pembangunan ekonomi secara mapan melalui warisan geologi atau geotourism. Selain itu, tujuan dan sasaran dari geopark untuk  melindungi keragaman bumi (geodiversity), konservasi lingkungan, pendidikan dan ilmu kebumian lebih luas.

Saat ini Indonesia sudah memiliki 3 taman geologi yang diakui oleh GGN, diantaranya Rinjani Geopark, Batur Global Geopark, dan Gunung Sewu Geopark.

 

Penulis : Agatha Lintang

Editor : Gilang Fajar Septian

Foto : Pixabay.com

Sumber : Antaranews.com, Tempo.co, Metrotvnews.com, Kanal.web.id