Usai Uji Coba, MRT Jakarta Masih Gratis Hingga Akhir Bulan

Sejumlah masyarakat mengikuti uji coba publik MRT Jakarta di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Senin (12/03/19). (Foto: Kompas.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Masa uji coba Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta resmi berakhir pada Minggu (24/03/19). Kendati demikian, warga masih dapat menjajal moda transportasi massal teranyar ibu kota ini secara cuma-cuma hingga sepekan ke depan.

“Untuk pemberlakuan bagi penumpang umum akan dilakukan pada tanggal 25 Maret dan untuk tarif masih digratiskan hingga 31 Maret. Sementara untuk 1 April, berdasarkan instruksi gubernur sudah mulai diberlakukan secara komersial,” ujar Direktur Utama MRT Jakarta Wiliam Sabadar dalam konferensi pers di Kantor Pusat PT MRT Jakarta yang terletak di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat (22/03/19) dikutip dari tirto.id.

Operasi nonkomersial ini disebabkan belum adanya keputusan resmi terkait tarif MRT Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, rapat antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta untuk menentukan besaran tarif MRT baru akan dilaksanakan pada Senin (25/03/19).

Meski perjalanannya tak dikenakan biaya, William menuturkan bahwa penumpang harus tetap membeli kartu tiket yang dinamakan Kartu Jelajah. Kartu ini sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu kartu sekali jalan (single-trip) seharga Rp15.000,- dan multiperjalanan (multi-trip) seharga Rp25.000,-. Selama operasi nonkomersial, saldo Kartu Jelajah milik penumpang tidak akan terpotong saat melakukan tap-in dan tap-out di gerbang penumpang.

“Nanti, waktu beroperasi MRT Jakarta akan dimulai pada pukul 05.30 WIB hingga 22.30 WIB dengan delapan rangkaian kereta dan selang waktu keberangkatan antarrangkaian kereta 10 menit,” tambahnya seperti dikutip dari situs resmi MRT Jakarta.

Diperkirakan dalam waktu dua bulan, MRT Jakarta Koridor Selatan-Utara Fase I akan siap beroperasi secara penuh dengan 14 rangkaian kereta Ratangga. Layanan transportasi massal ini nantinya akan tersedia hingga pukul 00.00 dini hari dengan selang waktu keberangkatan setiap lima menit. Adapun pembangunan rute MRT Koridor Selatan-Utara Fase II yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI dan Kota akan dimulai minggu depan.

 

Penulis: Charlenne Kayla Roeslie

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Garry Lotulung/KOMPAS.com

Sumber: kompas.com, tirto.id, cnnindonesia.com, detik.com, jakartamrt.com