4 Camilan Sehat Tengah Malam yang Cocok Menemani Nugas

Ilustrasi empat cemilan sehat yang cocok untuk malam hari.
Share:

 

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Sebagai seorang Mahasiswa/i yang disibukan dengan berbagai tugas, kerap kali kita rela menghabiskan malam guna menyelesaikan pekerjaan yang tertunda itu. Sedihnya, saat pusing melanda kepala, perut kita seringkali merengek meminta untuk diberikan asupan tanpa mengenal sudah tengah malam.

Dilema pun akhirnya terjadi di tengah keheningan malam. Beragam alasan untuk tidak makan, mulai dari malasnya membeli atau membuatnya, harus segera menyelesaikan tugas atau alasan klasik, takut gendut menambah kepenatan otak kita, terlebih lagi dengan alasan yang terakhir disebutkan.

Ya, takut gendut karena seringnya makan pada malam hari, menjadi momok yang menakutkan untuk sebagian orang. Akan tetapi, bagi Mahasiswa yang sedang berjuang untuk menyelesaikan tugasnya, kelaparan menjadi hal yang menyeramkan daripada segalanya bukan?

Dibandingkan harus mengisinya dengan makanan besar, tidak ada salahnya kok untuk kalian menangkal rasa lapar dengan empat camilan ringan ini yang dapat membantu perut menjadi kenyang hingga tugas selesai.

Sereal Gandum

Walau dikenal sebagai makanan sarapan. Sereal Gandum nyatanya dapat membantu juga untuk menemani bertugas di malam hari. Camilan yang kaya akan karbohidrat dan serat tinggi ini, diyakini bisa membuat cepat kenyang dan lebih rileks. Menariknya, perpaduan antara gandum dan susu tak kalah nikmatnya kok saat disantap pada dini hari.

 

Yoghurt

sumber: dairysafe.vic.gov.au

Terkadang disaat lapar melanda di malam hari, kita ingin memakan sesuatu yang susu creamy dan dingin seperti eskrim. Namun, alangkah baiknya, bila kita mengantinya dengan sebuah yoghurt. Dengan campuran protein, kalsium dan mineral yang tinggi di setiap suapannya, camilan yoghurt sangat baik untuk tubuh. 

Untuk mendapatkannya sendiri yoghurt tidak sulit kok untuk dicari. Berbagai supermarket atau minimarket disekitar kalian sudah banyak yang menjajakan camilan ringan nan sehat ini di gerainya.

Bubur Kacang Hijau

Bila kalian mengingkan makanan yang hangat untuk disantap pada malam hari, bubur yang satu ini tak kalah menariknya kok untuk dijadikan camilan, selagi mengejar deadline

Terbuat dari kacang hijau yang memiliki kandungan serat tinggi serta rendah lemak. Tidak sulit untuk mencari penjual bubur kacang hijau di sore hari. Di saat lapar melanda, cukup panaskan sebentar saja atau memakan dingin-dingin juga tetap enak kok.

Popcorn
 

sumber: twohealthykitchens.com

Siapa yang menyangka popcorn juga termasuk camilan sehat? Namun, popcorn tersebut haruslah tawar. Maksudnya dimasak tanpa karamel, garam maupun perasa lainnya, tetapi tetap dengan mentega. Camilan satu ini mengandung antioksidan, tinggi serat, rendah kalori serta lemak. Bahkan popcorn dapat digunakan sebagai makanan diet.

Penulis: Maystika Omar

Editor: Ridi F Khan

Foto: twohealthykitchens.com, dairysafe.vic.gov.au

sumber: blibli.com, lifestyle.kompas.com, idntimes.com, hellosehat.com