4 Manfaat Berenang bagi Para Mahasiswa

Berenang merupakan salah satu olahraga air yang memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa aktif. (Foto: lifestyle.kompas.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Memasuki dunia perkuliahan artinya akan membuat mahasiswa cenderung jarang menggerakan tubuh untuk berolahraga. Berenang merupakan pilihan terbaik dan punya banyak manfaat cukup banyak untuk kesehatan tubuh.

Mahasiswa tidak lagi dituntut untuk berolahraga setiap minggu sekali layaknya siswa di sekolah. Memang tersedia Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) seperti basket, futsal, badminton, dan sebagainya. Namun, tidak semua akan bergabung dalam kegiatan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat seperti itu.

Sesungguhnya, tubuh perlu bergerak guna meregangkan otot-otot yang biasanya hanya digunakan untuk duduk dan berjalan. Jika tidak ingin berkeringat dan cepat lelah, solusinya adalah berenang. Kolam renang sekarang dapat ditemukan di mana-mana, seperti kompleks perumahan, apartemen, atau klub olahraga (sport club). Berikut ini adalah empat manfaat berenang yang paling cocok dengan mahasiswa versi Ultimagz.

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Berenang dapat membuat tulang dan otot menjadi kuat, karena seluruh otot akan bergerak. Mulai dari punggung hingga kaki akan digerakkan semua untuk berenang dengan berbagai jenis gaya. Selain itu, berenang juga dapat membentuk dan menjaga massa otot sehingga otot pun kian ‘terbentuk’ sempurna.

  1. Meredakan Stres

Mahasiswa sering kali merasa stres akibat tugas kuliah atau kepanitiaan yang mereka ikuti. Banyak bergerak merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres, karena merangsang hormon endorfin yang dapat membuat suasana hati menjadi tenang. Berenang termasuk ke dalam olahraga yang membutuhkan banyak gerak.

Hanya dengan berenang secara santai dan ringan, hal yang membebani pikiran akan berkurang.  Bahkan tanpa disadari, ada rasa kesenangan sendiri saat bersentuhan dengan air.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jujur saja, sebagai anak kuliahan ada waktunya Ultimates akan merasa kurang tidur. Tugas yang menumpuk sering membuat tidak tidur, sehingga akhirnya menyebabkan sulit tidur seterusnya. Terkadang, ada juga orang-orang yang mengalami insomnia karena banyaknya pikiran malam yang menghantui. Berenang memiliki kekuatan yang besar untuk membantu tidur lebih nyenyak dan lelap pada malam hari sehingga memperbaiki kualitas tidur menjadi baik.

  1. Menurunkan Berat Badan

Merasa lemak menumpuk? Atau berat badan naik selama perkuliahan? Olahraga yang paling pas bagi mahasiswa yang ingin membakar lemak adalah berenang. Jika merasa lari tidak sempat atau malas, maka tidak ada alasan untuk tidak berenang. Banyak kalori yang dibakar bahkan hanya dengan berenang santai. Lebih dari 200 kalori terbakar dengan berenang selama setengah jam. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan berjalan kaki dalam waktu yang sama.

Berenang memang tidak begitu terasa melelahkan layaknya lari ataupun olahraga lain yang membutukan tenaga lebih. Sebenarnya, saat di air rasa haus tidak akan terasa sehingga tubuh bisa saja dehidrasi. Pastikan untuk tidak berenang berlebihan jika baru mulai. Selain itu, gunakan kacamata renang untuk menghindari mata terasa perih.

Biasakan berenang sekali seminggu, sehingga manfaat-manfaat yang sudah disebutkan dapat berjalan dengan baik. Buatlah jadwal, yang terbaik saat sore atau pagi hari. Jika ingin semakin sehat harus dibarengi pola hidup yang sehat dan teratur.

Penulis: Maytiska Omar 

Editor: Nabila Ulfa Jayanti 

Foto: lifestyle.kompas.com 

Sumber: liputan6.com, doktersehat.com, alodokter.com, idntimes.com