5 Aplikasi Baca Buku Online ini Cocok Temani Kamu #DiRumahAja

Ilustrasi baca buku daring. (Ultimagz)
Ilustrasi baca buku daring. (Foto: pixabay.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Selama masa pembatasan sosial kala penyebaran wabah virus korona, banyak orang tinggal di rumah dalam waktu yang lama. Membaca buku bisa menjadi salah satu cara killing time bagi Ultimates agar betah tinggal di rumah. Untuk itu, Ultimagz memilih beberapa aplikasi baca buku daring yang bisa Ultimates manfaatkan ketika melakukan pembatasan sosial di rumah.

 

 

Wattpad.
Aplikasi Wattpad. (Foto: wattpad.com)

Wattpad

Selain membaca, aplikasi buatan Kanada ini juga memungkinkan pengguna untuk menulis ceritanya sendiri dan mempublikasikannya. Melalui Wattpad, Ultimates bisa menjelajahi buku dan cerita gratis yang ditulis orang-orang di seluruh dunia.

Di dalam aplikasi tersebut, pengguna bisa menikmati tulisan yang dibagi ke beberapa kategori genre, seperti roman, petualangan, fiksi sains, horor, dan lain-lain. Wattpad juga memiliki fitur untuk mengubah ukuran dan warna latar tulisan, mode gelap, juga auto scrolling

Sweet.
Aplikasi Sweek. (Foto: postyrandom.com)

Sweek

Sweek merupakan platform baca buku gratis yang memungkinkan penggunanya menemukan cerita dan buku gratis dari seluruh dunia. Pengguna juga bisa bergabung dalam komunitas global dan terhubung dengan pembaca atau penulis lainnya. Terlebih, Sweek dapat diakses dengan lebih dari 14 bahasa, dengan publikasi cerita yang mungkin lebih dari 60 bahasa. 

Pengguna juga bisa mengikuti kompetisi menulis di Sweek untuk tulisannya bisa diterbitkan dalam bentuk cetak oleh penerbit. 

 

NOOK.
Aplikasi NOOK. (Foto: jurnalmanajamen.com)

NOOK

Aplikasi buatan toko buku terbesar di Amerika Serikat Barnes & Noble (B&N) ini memiliki fitur bagi pengguna untuk melakukan sinkronisasi antara ponsel atau tablet mereka dan e-reader. Dengan fitur ini, Ultimates bisa mulai membaca sesuatu di iPad, kemudian melanjutkan membaca e-reader Nook dari halaman yang sama, dengan semua catatan, bookmark, dan sorotan disinkronkan. Tidak hanya buku, pengguna NOOK juga bisa membaca majalah, arsip koran, dan komik.

NOOK juga memungkinkan penggunanya untuk membeli buku-buku digital di B&N eBookstore. Di toko buku digital itu, B&N memiliki lebih dari satu juta buku, termasuk buku-buku terbaru, best seller dan buku gratis.

Storial.
Aplikasi Storial. (Foto: jalantikus.com)

Storial

Storial.co adalah sebuah platform buatan anak bangsa yang memungkinkan penggunanya menuliskan cerita secara langsung dan kemudian disusun sesuai dengan jumlah bab yang ditentukan. Aplikasi ini juga mempunyai fitur AudioStory sehingga pengguna dapat menikmati cerita versi audio.

Platform ini mempunyai sebuah sistem royalti yang menjadi salah satu daya tarik bagi pengguna. Penulis memiliki pilihan yang disebut pay per read, yang mengatur agar buku yang sedang ia tulis hanya bisa dinikmati oleh pengguna berbayar.

Kindle.
Aplikasi Kindle. (Foto: medium.com)

Kindle

Kindle menjadi aplikasi kumpulan eBook terpopuler kedua setelah posisi pertama dipegang oleh Google Play Books. Aplikasi buatan Amazon ini tidak hanya menyediakan novel, tetapi juga majalah dan koran. Selain itu, buku audio bisa Ultimates dapatkan dengan berlangganan.

Aplikasi ini juga menawarkan fitur  integrasi dengan Goodreads, di mana saat ini pengguna dapat menemukan dan mendiskusikan buku dengan pengguna Goodread lainnya di dalam aplikasi Kindle. Fitur ini tergantung lokasi dan tidak tersedia di semua wilayah, dan hanya tersedia di iOS.

Itulah lima aplikasi baca buku daring yang bisa menemani Ultimates saat melakukan pembatasan sosial selama beberapa waktu ke depan. Perkembangan teknologi yang canggih memudahkan aktivitas membaca, termasuk membaca dalam aplikasi daring. Yang paling penting, aplikasi tersebut bisa Ultimates dapatkan secara gratis!

 

Penulis: Maria Helen Oktavia

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: postyrandom.com, wattpad.com, medium.com, jurnalmanajemen.com, jalantikus.com, pixabay.com

Sumber: kompas.com, detik.com okezone.com, tribunnews.com, inews.id, carisinyal.com, id.techinasia.com