Ahok Pilih Bus Scania Gantikan Metromini

Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Uji coba bus Scania premium Low City Bus telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) mengungkapkan keinginannya mengganti bus kota Metromini dengan bus Scania, lantaran desain dari bus Scania membuat penumpang lebih nyaman.

Selain kenyamanan, bus Scania dinilai Ahok juga memudahkan penumpang karena ukuran yang lebih besar dari bus biasa, serta dilengkapi dengan elevator yang memudahkan kaum disabilitas dan manula. Hal tersebut menjadi psalah satu poin yang dinilai Ahok lantaran saat ini, angkutan umum yang ada di Jakarta tidak memperhatikan kaum penyandang cacat.

“Bentuk kursinya sudah seperti bus wisata. Dia juga lebih besar daripada bus biasa,” ungkap Ahok, seperti dikutip dari cnnindonesia.com.

Ahok sendiri memilih merk Scania karena sudah terkenal dan ia melihat bahwa negara maju lebih cenderung menggunakan bus dengan merk yang terkenal pula. “Saya tidak ingin beresiko, beli bus yang merk gak jelas. Australia pakai apa? Eropa pakai apa? Di Tingkok pakai apa juga? Yang umum yang top, seperti di Singapura, jadi bisa Scania, bisa Mercedes, Eolvo, ya kita maunya itu,” jelas Ahok.

Nantinya, bus Scania akan beroperasi dibawah TransJakarta.

Meski demikian, dengan kehadiran bus Scania, Ahok tidak bermaksud untuk membuat operator bus swasta bangkrut. Justru ia mengajak operator bus swasta untuk ikut bersaing dengan kehadiran Bus tersebut.

Sampai sekarang, Pemprov belum berbicara tentang sumber pendanaan bus Scania. “Minimal akhir 2017 reformasi bus akan beres, tahun ini saja kalian sudah bisa rasakan perbedaannya, termasuk halte pun saya minta design yang berbeda,” tutup Ahok.

Penulis: Josephine Valencia
Editor: Alif Gusti Mahardika
Sumber dan foto: cnnindonesia.org