Bapak Marvel Meninggal, Ini Cerita Singkat Masa Hidupnya

Twitter: @ilussigram
Share:

LOS ANGELES, ULTIMAGZ.com – Stanley Martin Lieber atau yang lebih dikenal dengan Stan Lee dikabarkan meninggal dunia pada usia 95 tahun, Senin (12/11/18) waktu setempat. Stan Lee dikenal sebagai sosok pencipta dari tokoh-tokoh pahlawan super Marvel, seperti Iron Man, Hulk, Spiderman, dan masih banyak lagi. Sayangnya tubuh Lee akhirnya gugur setelah setahun berjuang melawan Pneumonia yang menyerangnya.

Lee mengawali kariernya di industri komik pada tahun 1939. Debut pertamanya sebagai komikus terjadi pada tahun 1941 ketika membuat komik Captain America nomor 3. Sejak saat itulah, ia memakai nama samaran Stan Lee hingga dikenal sekarang.

Stan Lee semakin sering membuat tokoh komik ketika perusahaan Martin Goodman, tempat ia bekerja, meminta dirinya membuat tandingan DC Comics yang saat itu sudah memiliki Justice League of America. Adapun Kelompok pahlawan super pertama besutan rumah produksi tersebut adalah Fantastic Four bersama Jack Kirby.

Pria kelahiran 1922 ini selalu membuat karakter pahlawan super yang berbeda. Dengan menggunakan keadaan sosial sebagai latar cerita, ia mampu mengubah pandangan bahwa pahlawan super merupakan sosok yang sempurna. Ia membuat karakter pahlawan super dengan sisi humanis sehingga tampak lebih asli.

Di awal era 2000, Marvel mulai merambah ke dunia perfilman, salah satunya melalui Marvel Cinematic Universe (MCU) pada 2008. Sosok Lee kerap menjadi simbol Marvel sejak itu lantaran selalu tampil sebagai kameo di setiap film Marvel hingga film terakhir karya studio komik tersebut September lalu, Venom.

“Saya akui, kita mungkin kehilangan adegan kameo saya,” ujar Stan Lee saat ditanya bagaimana jika dirinya meninggal dilansir dari comicbook.com dalam acara Edmonton Comic & Entertainment Expo dua tahun silam.

Stan Lee merupakan sosok yang sangat dikenal baik oleh rekan-rekannya. Mengutip hollywoodreporter.com, Presiden Marvel Studio Kevin Feige mengatakan bahwa Lee merupakan satu-satunya orang sangat berdampak pada kariernya selama bekerja di Marvel Studio.

“Stan meninggalkan warisan luar biasa yang akan hidup lebih lama dari kita semua,” ujar Kevin.

 

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Ivan Jonathan

Foto: twitter @ilussigram

Sumber: Nytimes.com, Hollywoodreporter.com, cnnindonesia.com, comicbook.com