Empat Makanan untuk Kurangi Mendengkur

Susu kedelai, ikan, madu, dan almond merupakan empat makanan yang dapat mengatasi masalah mendengkur. (Foto: merdeka.com, royco.co.id, tribunnews.com, petmd.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.COM – Mendengkur dianggap sebagian orang sebagai hal yang kurang menyenangkan saat kita tidur, terutama jika kita berada dalam satu ruangan bersama orang lain. Beberapa orang menggangap mendengkur sebagai sesuatu yang memalukan.

Mendengkur merupakan gejala pertama dari apnea tidur obstruktif, yaitu saluran napas yang sempit. American Heart Association mengatakan, kebiasaan ini tidak boleh terjadi berkepanjangan karena dapat menimbulkan penyakit-penyakit lain.

Beberapa makanan diyakini dapat membantu mengurangi kebiasaan mendengkur. Berikut empat makanan tersebut yang mudah didapatkan mahasiswa untuk mengatasi masalah ini.

1. Susu Kedelai

Jika kalian alergi terhadap susu sapi, maka mengonsumsi susu kedelai merupakan salah satu solusinya. Susu sapi mengandung laktosa yang dapat membuat saluan pernapasan tersumbat. Sedangkan susu kedelai mempunyai lemak yang lebih sedikit sehingga jarang membuat hidung tersumbat.

2. Ikan

Ikan mengandung asam omega 3 dan 6, yaitu asam lemak yang memproduksi kolestrol baik dan menghentikan kolestrol jahat. Jika daging merah mengandung lemak jenuh yang menyebabkan kram pada pembuluh darah dan berakhir pada mendengkur, ikan justru sebaliknya. Ikan mampu mengendurkan otot-otot tenggorokan karena lemak alaminya. Ikan baik dikonsumsi pada siang hari.

3. Madu

Bahan makanan dari sarang lebah ini mampu menghentikan mendengkur karena sifat anti-inflamasi dan anti-mikrobanya. Salah satu penyebab mendengkur adalah pembengkakan tenggorokan. Adanya kedua sifat ini mampu mengurangi pembengkakan tersebut.

4. Almond

Kacang satu ini bukan hanya baik untuk diet, tetapi juga dapat membantu meredakan gangguan saluran pernapasan. Kandungan vitamin, mineral, dan lemak sehat yang terdapat dalam almond dapat menenangkan jaringan tenggorokan.

 

Makanan di atas dapat ditemukan dengan mudah di mini market atau pasar. Semakin rajin mengonsumsi keempat makanan tersebut, maka kita akan semakin cepat menghilangkan kebiasaan mendengkur. Jangan lupa juga seimbangkan dengan olahraga ringan. Selamat mencoba!

 

Penulis: Maytiska Omar 

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: merdeka.com, royco.co.id, tribunnews.com, petmd.com

Sumber: liputan6.com, okezone.com, kumparan.com