Empat Cara Mencegah Kecanduan Media Sosial

kecanduan media sosial
illustrasi media sosial (foto: pexels.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Media sosial saat ini sudah digunakan berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga orang tua. Selain untuk mempermudah komunikasi, media sosial juga bermanfaat untuk mempermudah perolehan informasi, serta memperluas jaringan pertemanan.

Namun, media sosial juga memberikan dampak negatif, seperti membuat tingkat kesehatan menurun, menimbulkan stres, merusak mata karena terkena paparan radiasi dari ponsel, rentannya terpengaruh cyber bullying, dan yang terutama kecanduan.

Nah, Ultimates. Berikut adalah empat cara pencegahan kecanduan media sosial:

  1. Batasi Penggunaan Media Sosial

Ultimates bisa mencoba membatasi penggunaan media sosial per harinya dengan memasang alarm atau timer. Jika sudah terbiasa untuk membatasi waktu online, Ultimates dapat mengatur diri sendiri untuk mengurangi ketergantungan terhadap sosial media.

  1. Mencari kegiatan yang lebih bermanfaat

Mencari kegiatan lain bisa mengurangi intensitas untuk mengunjungi media sosial. Salah satunya adalah dengan menyibukkan diri. Misalnya, dengan berolahraga, berkumpul bersama orang-orang terdekat, mengunjungi teman lama atau kerabat, membuat kue kesukaan keluarga, dan masih banyak lagi.

  1. Lakukan Hobi yang Tertunda

Media sosial terkadang membuat kita lupa waktu dan melupakan berbagai hobi yang biasanya dilakukan. Ultimates bisa mencoba untuk kembali menekuni hobi ditinggalkan dan kembali berkarya dengan melakukan hal yang produktif dan bermanfaat.

  1. Gunakan Media Sosial dengan Bijak

Melalui media sosial, Ultimates dapat mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Namun, sebelum mencerna segala info yang beredar, ada baiknya untuk menggali dari berbagai sumber lainnya untuk melihat apakah informasi tersebut valid atau hoaks. Dengan melakukan verifikasi tersebut, berarti Ultimates telah menggunakan media sosial dengan bijak.

Nah, itulah empat cara mencegah kecanduan media sosial. Bermain media sosial memang seru,  tapi tetap gunakan dengan sewajarnya ya, Ultimates!

Penulis: Geiska Vatikan Isdy 

Editor: Xena Olivia

Foto: pexels.com

Sumber: kompas.com, idntimes.com, liputan6.com, cermati.com