Jangan Takut Donor Darah, Ini Lima Manfaatnya

Patients receiving a transfusion
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Darah adalah salah satu bagian tubuh yang sangat vital. Sayangnya, seperti yang kita ketahui banyak orang kekurangan darah, baik karena kecelakaan, sakit, atau berbagai alasan lainnya. Padahal, darah tidak dapat dibuat begitu saja secara sintesis. Donor darah menjadi sangat diperlukan karena prosesnya lebih cepat dibanding pembentukan darah melalui zat-zat makanan. Dalam hal ini, manusia menjadi satu-satunya harapan bagi manusia lainnya yang membutuhkan darah.

Selain berguna bagi orang lain, ternyata donor darah juga berguna bagi diri si pendonor. Apa saja, sih, manfaatnya? Berikut lima manfaat yang akan didapat oleh seseorang yang mendonorkan darahnya.

  1. Meningkatkan produksi sel darah merah

Donor darah berarti memindahkan sel darah merah ke tubuh orang lain, yang juga berarti mengurangi jumlah sel darah merah dalam tubuh pendonor, dan ini bukan sesuatu yang buruk. Sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang berkurang. Pendonor akan mendapatkan sel darah merah yang baru setiap selesai mendonorkan darahnya. Sel-sel darah yang baru dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Melancarkan aliran darah

Dengan rutin melakukan donor darah, sirkulasi darah menjadi lancar ke seluruh bagian tubuh. Sirkulasi darah yang lancar dapat membantu mencegah adanya penyumbatan arteri dan juga kerusakan pembuluh darah.

3. Menjaga kesehatan jantung

Di dalam darah terkandung zat besi. Jika kadarnya terlalu tinggi, zat besi bisa membuat seesorang rentan terkena penyakit jantung dan menyebabkan oksidasi kolesterol. Hasil oksidasi kolesterol tersebut akan menempel pada dinding arteri yang memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Jika rutin mendonor darah, kadar zat besi akan lebih stabil dan memperkecil risiko penyakit jantung.

4. Menurunkan berat badan

Menurut penelitian yang dilakukan University of California, San Diego, Amerika Serikat, dalam sekali donor darah akan ada sekitar 650 kalori yang dibakar. Jika dilakukan secara rutin, donor darah mampu membakar kalori ekstra dan menurunkan berat badan. Hal ini tentunya terkait juga dengan pencegahan obesitas dan masalah penyakit yang berhubungan dengan kegemukan.

5. Meningkatkan kesehatan psikologis

Selain kesehatan secara jasmani, donor darah juga mampu meningkatkan kesehatan psikologis. Seseorang yang mendonorkan darahnya akan merasakan kepuasan psikologis karena telah menyumbangkan sesuatu yang sangat dibutuhkan orang lain, bahkan menyelamatkan hidup seseorang.

Nah, itulah lima manfaat yang perlu Ultimates ketahui tentang donor darah. Yang terpenting, ingat tujuan awal donor darah, yaitu membantu orang lain. Setetes darahmu dapat menyelamatkan nyawa sesama!

Reporter: Geofanni Nerissa Arviana

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: lifestyle.okezone.com

Sumber: kompas.com, pmi.or.id