PBB Putuskan 5 November Sebagai Hari Peringatan Tsunami

Share:

JAKARTA,ULTIMAGZ.com – Ultimates, tahukah kalian bahwa tanggal 5 November diperingati sebagai World Tsunami Awareness Day?

Sejak Desember 2015, Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) di bawah United Nations Office of Disaster Risk Reduction (UNISDR) menjadikan tanggal 5 November sebagai hari peringatan bencana tsunami bagi semua bangsa.

Tanggal ini dipilih untuk mengenang kembali cerita Jepang yang berjudul Inamura-no-hi (diterjemahkan menjadi Api dari Tumpukan Padi) pada 1854 silam. Cerita ini bercerita tentang kisah seorang petani yang melihat tanda-tanda tsunami dan membakar seluruh hasil panennya untuk memperingatkan penduduk. Ia pun pada akhirnya berhasil menyelamatkan diri dan bersiaga alih-alih ombak besar datang lagi lain hari.

World Tsunami Awareness Day berfokus pada pelatihan edukatif dan evakuatif ketika tsunami terjadi. Dengan demikian, diharapkan kesadaran tsunami di masyarakat meningkat, sehingga dapat mengurangi resiko yang disebabkan tsunami.

Tsunami memang tercatat sebagai salah satu bencana alam paling mematikan. Dilansir abc.net.au, pada Jumat (11/3/2011), tsunami di Jepang tercatat membunuh ratusan korban jiwa. Gelombang tsunaminya sampai dan turut menghancurkan California, Amerika Serikat.

Selain itu, tsunami di Turki, Selasa (17/08/1999), juga tercatat sebagai salah satu yang terbesar. Bencana ini memakan korban lebih dari 17.000 jiwa.

Bencana ini juga pernah terjadi di Indonesia. Minggu, (26/12/2004), tsunami melanda 10 negara Asia dan dua negara Afrika. Tercatat ada lebih dari 250.000 korban jiwa, dan 170.000-nya berasal dari Indonesia.

Sebagaimana Indonesia dikelilingi lautan dan memungkinkan terjadinya tsunami kapan pun, penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda tsunami. Salah satunya adalah air laut yang surut secara drastis dan berbusa. Kalau sudah ada tanda-tanda tersebut kalian punya waktu lima hingga sepuluh menit untuk menyelamatkan diri ke tempat tinggi, Ultimates!

Penulis: Josephine Valencia

Editor: Clara Rosa Cindy

Foto: unisdr.org

Sumber: unisdr.org, kompasiana.com, abc.net.au