Pencipta SpongeBob Stephen Hillenburg Tutup Usia

Stephen Hillenburg pencipta SpongeBob Squarepants meninggal dunia karena penyakit amyotrophic lateral sclerosis (ALS) yang sudah dideritanya sejak tahun lalu. (Foto: Tucsonnewsnow.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Akun Twitter resmi Nickelodeon pada Selasa (27/11/18)  mengumumkan berita duka soal meninggalnya kreator “SpongeBob SquarePants” Stephen Hillenburg pada usia 57 tahun. Mengutip Variety, Nickelodeon mengatakan Stephen Hillenburg menghembuskan nafas terakhrinya akibat penyakit neurodegeneratif ALS, atau penyakit Lou Gehrig yang sudah dideritanya sejak Maret 2017 lalu.

“Kami sangat sedih dengan berita bahwa Steve Hillenburg telah meninggal dunia setelah melawan dengan ALS,”

“Dia adalah seorang teman yang sangat dicintai dan partner kreatif dalam waktu lama untuk semua orang di Nickelodeon, dan kami belasungkawa seluruh keluarganya,” kata Nickelodeon dalam sebuah pernyataan yang bersumber dari Variety.

Dalam pernyataan tersebut Nickelodeon menambahkan bahwa Stephen Hillenburg mengilhami “SpongeBob SquarePants” dengan rasa humor dan kepolosan unik yang telah membawa sukacita bagi anak-anak dan keluarga.

“Karakternya yang benar-benar asli dan dunia Bikini Bottom akan lama berdiri sebagai pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi yang tak terbatas,” tambah Nickelodeon.

Selama lebih dari satu dekade, SpongeBob menjadi salah satu serial animasi yang dikenal banyak orang di dunia dan telah diterjemahkan ke lebih dari 60 bahasa, termasuk bahasa Urdu, Azerbaijan, dan Maori.

Hillenburg juga menulis, memproduksi, dan menjadi director “The SpongeBob SquarePants Movie” yang dirilis pada tahun 2004 dan berhasil meraup pendapatan kotor lebih dari $140 juta di seluruh dunia. Hillenburg kemudian menulis cerita untuk dan sekaligus menjadi produser eksekutif dari sekuel, “The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water” pada tahun 2015.

Stephen Hillenburg bukan hanya pencipta SpongeBob SquarePants, tetapi juga seorang ahli biologi kelautan. Kecintaanya pada seni dan kelautan menginspirasi dirinya menciptakan kota khayalan dalam laut Bikini Bottom serta warganya seperti SpongeBob dan kawan-kawan.

Penulis: Theresia Amadea

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: Tucsonnewsnow.com

Sumber: Cnn.com, Variety, Tucsonnewsnow.com, Tribun.com