Pentingnya Sarapan Sebelum Beraktivitas

Pentingnya sarapan yang baik dan benar sebelum beraktivitas sehingga dapat menyehatkan tubuh. (Foto: jurnal.maskoolin.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com –  Sarapan mungkin menjadi hal yang tidak penting bagi orang yang terburu-buru atau memiliki jadwal yang padat. Padahal ada dampak buruk yang dapat terjadi pada tubuh saat melewatkan makanan pagi hari. Oleh karena itu, penting untuk memastikan sarapan sebelum beraktivitas.

Sebuah jurnal terbitan America yaitu Journal of American College of Cariology menjelaskan risiko kematian yang didapatkan orang yang tidak pernah sarapan lebih besar 87 persen dibandingkan mereka yang setiap hari sarapan. Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa orang yang tidak sarapan cenderung terkena menyakit kardiovaskular.

Kardiovaskular dapat terjadi karena diabetes, hipertensi, dan kelainan lipid. Menurut peneliti yang melakukan penelitian pada jurnal tersebut, orang dewasa yang tidak sarapan memiliki risiko terkena penyakit jantung dan stroke lebih tinggi yang menyebabkan kematian.

Sarapan yang benar juga dibutuhkan agar manfaatnya dapat berjalan dengan baik. Makanan yang dianjurkan untuk sarapan pagi sebaiknya tidak hanya sesuatu yang manis seperti teh manis. Alasannya, energi yang didapatkan dari segelas teh manis hangat hanya bertahan sebentar.

Menu sarapan yang sehat seperti gandum utuh, makanan dengan kandungan protein yang tinggi, susu rendah lemak, buah, dan sayur. Oatmeal atau granola merupakan gandum utuh yang baik untuk dikonsumsi. Gandum utuh dapat dicampurkan dengan susu rendah lemak untuk menambah rasa dan protein. Lebih dianjurkan lagi untuk mengombinasikan dengan buah-buahan.

Buah-buahan juga dapat disantap langsung bersamaan dengan sayur. Biasanya dijadikan smoothie atau jus. Olahan yang direkomendasikan adalah wortel dengan tomat, kedua buah dan sayur ini dapat menyehatkan pencernaan, menurunkan kadar kolestrol, dan menyehatkan mata. Selain itu, olahan healthy smoothie bowl juga sedang populer saat ini.

Makanan yang serba instan juga tidak baik untuk dikonsumsi di pagi hari. Hal itu disebabkan karena makanan instan mengandung serat yang sedikit dan bahan pengawet. Selain itu, kadar gula dan garamnya juga tinggi sehingga tidak sehat untuk tubuh. Ada pula bahan tambahan yang tidak diketahui baik atau buruk bagi tubuh.

Menyantap makanan di pagi hari dapat membuat kita lebih fokus dan produktif dalam menjalani hari. Selain itu, sarapan dapat membantu meningkatkan mood karena suasana hati yang baik dengan perut yang sudah terisi. Tubuh juga jadi mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, seperti asupan serat, kalsium, dan vitamin A. Oleh karena itu, penting untuk tidak melewatkan sarapan sesibuk apa pun kita di pagi hari.

 

Penulis: Maytiska Omar

Editor: Agatha Lintang 

Foto: jurnal.maskoolin.com

Sumber: jawapos.com, tirto.id, alodokter.com, lemonilo.com, magazine.job-like.com