Skincare Routine Simpel untuk Pemula

Ilustrasi produk perawatan kulit wajah
Ilustrasi produk perawatan kulit wajah. (Foto: Beautyforusall.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Sudahkah Ultimates rutin melakukan rutinitas perawatan kulit harian (daily skincare routine)? Rutinitas ini penting untuk menjaga kulit tetap dalam kondisi sehat dan prima. Namun, laki-laki dan perempuan yang ingin memulai skincare routine seringkali dibuat bingung oleh banyaknya produk dan cara pemakaian skincare. Padahal, menggunakan skincare dengan urutan yang benar penting demi memaksimalkan hasil dari produk skincare yang kita gunakan.

Oleh sebab itu, Ultimagz merangkum 6 urutan simpel pemakaian produk perawatan kulit untuk Ultimates.

  1. Cleansing
    Ilustrasi membersihkan wajah menggunakan sabun wajah
    Ilustrasi membersihkan wajah menggunakan sabun wajah. (Foto: Lorealparisusa.com)

Tahap pertama dalam skincare routine adalah membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih khusus yang cocok dengan permasalahan kulit. Tahap ini bertujuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk selama beraktivitas ataupun tidur.

Pembersihan ini akan semakin maksimal jika Ultimates melakukan double-cleansing pada malam hari dengan menggunakan penghapus riasan (makeup remover) seperti micellar water atau pembersih berbasis minyak (oil-based cleanser). Setelah itu, bersihkan muka sekali lagi menggunakan pembersih berbasis air (water-based cleanser). Sebab, mencuci muka sekali saja belumlah cukup karena selama beraktivitas di luar, wajah kita terpapar debu, polutan, dan bakteri. Dengan melakukan double-cleansing, wajah akan lebih bersih menyeluruh dan siap menyerap zat aktif pada produk skincare lebih optimal. Sebelum membersihkan wajah, pastikan tangan Ultimates bersih agar kuman pada tangan tidak berpindah ke wajah, ya!

 

  1. Toner
    Ilustrasi pemakaian toner
    Ilustrasi pemakaian toner. (Foto: Blog.purpletea.com)

Tahap kedua setelah cleansing adalah mengaplikasikan toner. Toner merupakan produk perawatan kulit yang memiliki bahan utama air dengan berbagai bahan aktif untuk melembapkan kulit. Produk ini digunakan untuk mengembalikan kelembapan kulit agar produk lain yang dipakai setelahnya dapat terserap dengan lebih baik. Selain itu, toner juga berfungsi sebagai pembersih kedua untuk membantu menghilangkan minyak dan sel kulit mati yang masih tersisa setelah mencuci muka. Untuk mengaplikasikannya, cukup tuangkan ke kapas dan sapukan lembut pada seluruh area wajah dan leher.

 

  1. Esens
    Ilustrasi pemakaian esens. (Foto: Theklog.co)

Setelah mengaplikasikan toner, Ultimates bisa memakai esens (essence). Esens merupakan produk perawatan kulit yang memiliki tekstur sedikit lebih kental dari toner dan memiliki kandungan yang lebih ringan dari serum. Dapat dikatakan esens adalah produk transisi yang tidak wajib digunakan. Namun, esens berguna memberikan nutrisi dan hidrasi tambahan bagi kulit untuk memaksimalkan kerja serum.

Saat ini, sudah banyak merek perawatan kulit menggabungkan fungsi toner dan esens ke dalam satu produk yang disebut toner essence. Dengan toner essence, Ultimates dapat mempersimpel skincare routine dan tidak perlu membeli banyak produk skincare. Untuk pemakaiannya, cukup tuangkan beberapa tetes esens ke telapak tangan, lalu aplikasikan pada area wajah dengan gerakan menepuk pelan agar ia meresap sempurna.

 

  1. Serum
    Ilustrasi pemakaian serum
    Ilustrasi pemakaian serum (Foto: Lorealparisusa.com)

Langkah selanjutnya adalah memakaikan serum wajah. Serum memiliki konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi dan bertekstur ringan sehingga mudah diserap oleh kulit. Ada beragam jenis serum yang beredar di pasaran, mulai dari yang berkhasiat mencerahkan, menenangkan (meredakan peradangan), anti-acne, hingga menghidrasi kulit. Ultimates dapat memilih dan menggunakannya sesuai kebutuhan pribadi.

Melansir dari detik.com, kita cukup menggunakan dua sampai tiga tetes serum dalam sekali pemakaian. Tuangkan serum ke telapak tangan, lalu gosokkan kedua telapak tangan hingga hangat agar serum lebih  mudah terserap ke dalam kulit. Kemudian, tepuk-tepukan ke wajah agar penyerapannya maksimal.

 

  1. Pelembab
    Ilustrasi pemakaian pelembab pada wajah
    Ilustrasi pemakaian pelembab pada wajah. (Foto: Activebabyboomer.com)

Setelah serum menyerap dengan sempurna, pakailah pelembab (moisturizer) untuk mengunci semua produk yang telah dipakai pada langkah-langkah sebelumnya. Pelembab sendiri memiliki dua jenis yang berbeda, yakni pelembab berbahan dasar air (water-based) dan berbahan dasar minyak (oil-based). Penggunakan kedua jenis pelembab tersebut perlu disesuaikan dengan tipe kulit Ultimates agar dapat bekerja dengan maksimal dan tidak menimbulkan efek samping. Jika Ultimates memiliki tipe kulit berminyak, sensitif, dan kombinasi, water-based moisturizer merupakan jenis pelembab yang cocok untuk digunakan. Sementara, bagi Ultimates yang memiliki tipe kulit normal ataupun kering lebih cocok memakai oil-based moisturizer. 

  1. Tabir surya
    Ilustrasi pemakaian sunscreen pada wajah
    Ilustrasi pemakaian tabir surya pada wajah. (Foto: Seekingderma.com)

Tutup skincare routine dengan tabir surya saat pagi hari. Hal ini bertujuan untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang dapat memunculkan ataupun memperburuk permasalahan kulit dan mempercepat penuaan. Untuk proteksi yang baik, disarankan menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.

Nah, begitulah urutan skincare routine simpel yang dapat Ultimates contoh untuk memaksimalkan kesehatan kulit. Untuk lebih lengkapnya, Ultimates dapat melihat infogragis berikut.

Infografis 6 tahap skincare routine simpel (ULTIMAGZ/Vellanda)

Penulis: Vellanda

Editor: Charlenne Kayla Roeslie

Foto: beautyforusall.com, lorealparisusa.com, blog.purpletea.com, theklog.co, activebabyboomer.com, seekingderma.com

Sumber: sehatq.com, wolipop.detik.com, kompas.com, hellosehat.com, bisnis.com, beritagar.id, dewiku.com