Tinggal Sendiri Rentan Pola Makan yang Buruk

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Tinggal sendiri terdengar menyenangkan. Kita memiliki kekuasaan penuh akan tempat tinggal kita, dan tidak ada yang terganggu dengan keadaan kamar kita. Namun, penelitian terbaru dari Australia’s Queensland University of Technology mengungkapkan dampak negatif dari pilihan hidup sendiri.

Menurut penelitian tersebut, mereka yang tinggal sendiri cenderung punya pola makan yang lebih buruk dibanding yang tinggal dengan orang lain. Mereka yang tinggal sendiri memiliki angka kecukupan nutrisi yang kurang.

Mereka cenderung jarang mengonsumsi buah dan sayuran. Padahal, buah dan sayuran banyak mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit.

Katherine Hanna, penulis penelitian dan pengajar di Australia’s Queensland University of Technology, mengungkapkan bahwa mereka yang tinggal sendiri punya sedikit keberagaman dalam hal makanan. “Mereka juga lebih sedikit makan makanan yang penting seperti buah, sayur, dan ikan,” ujarnya.

Tidak terampil memasak, tidak ada teman berbelanja, dan tingginya biaya bahan makanan adalah beberapa alasannya. Sedangkan menurut jenis kelamin, pria lebih memiliki kecenderungan untuk memiliki pola makan yang buruk ketimbang wanita.

Orang yang tinggal sendiri bukan hanya tak termotivasi untuk memasak, tetapi mereka juga kurang menikmati makan dan memasak sendiri. Sebagai solusi, ada baiknya jika sesekali mengajak teman untuk memasak bersama.

 

 

Reporter : Nathalia Setiawan

Editor : Alif Gusti Mahardika

Foto : cnnindonesia.com

Sumber : cnnindonesia.com