Tips Cari Kerja Part-Time untuk Mahasiswa

Sumber: MightyMega.com
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com –  Bekerja paruh waktu atau part-time seringkali menjadi solusi bagi mahasiswa yang ingin mencari uang jajan tambahan atau sekedar menambah pengalaman. Namun, sebelum mencari part-time, tentunya terdapat beberapa hal yang harus kita persiapkan terlebih dahulu. 

Berikut 5 tips Ultimagz bagi mahasiswa yang ingin mencari kerja part-time:

1. CV Sederhana, Namun Eye-Catching

Curriculum vitae atau resume merupakan poin utama dalam mencari pekerjaan. Sebisa mungkin, buatlah CV-mu menjual dan menarik perhatian orang yang membacanya. Pastikan juga semua data seperti nama lengkap, alamat, nomor, e-mail, pengalaman organisasi, pengalaman sukarelawan, riwayat pendidikan, penghargaan yang pernah didapat, serta skill dan kelebihan lain sudah up-to-date.

Selama menarik dan dapat menciptakan first impression yang baik kepada pembacanya, CV tidak perlu didesain terlalu rumit. Selain itu, disarankan pula untuk memiliki beberapa jenis CV jika kamu ingin mencari part-time di bidang yang berbeda-beda.

2. Cari Lowongan Pekerjaan yang Kamu Suka

Setelah mempunyai CV, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari lowongan pekerjaan. Kamu bisa mencarinya lewat media sosial seperti Instagram dan Facebook, online, atau bahkan menyerahkan CV-mu langsung ke tempat yang kamu tuju.

Beberapa pilihan part-time yang bisa kamu pertimbangkan adalah sebagai barista atau pelayan di  kafe atau restoran, guru les, copywriter, dan masih banyak lagi. part-time - 1

Sumber: Tech2all.com

 

3. Siapkan Dirimu untuk Wawancara

Setelah me-review CV milikmu, beberapa perusahaan akan memanggil kamu untuk diwawancara. Tahapan ini harus diperhatikan, karena sesi wawancara adalah ajang untuk kamu ‘menjual diri’. Orang yang mewawancaraimu akan menilai apakah kamu sesuai dengan CV-mu, atau bahkan lebih.

Agak sedikit menakutkan, ya? Oleh karena itu, sebaiknya kamu latihan dulu sebelum wawancara. Kamu bisa mencoba untuk latihan bersama teman atau bahkan latihan berbicara di depan cermin. Selain itu, pastikan untuk memakai baju yang sopan dan rapi. Penampilanmu akan masuk penilaian dan ikut dipertimbangkan, lho!

4. Kalau Ditolak, Jangan Menyerah!

Melamar pekerjaan bisa diibaratkan sebagai ‘untung-untungan’. Kamu bisa diterima, atau bisa juga ditolak.

Jika kamu tidak masuk ke dalam part-time harapanmu, jangan putus asa.  Masih ada banyak pekerjaan lain yang bisa kamu telusuri. Tetap semangat!

5. Kalau Diterima, Semangat!

Setelah kamu diterima, lakukan dengan sepenuh hati, ya! Jangan sia-siakan kesempatan yang telah diberikan untukmu. T

etap harus diingat bahwa kewajiban utamamu adalah tetap sebagai mahasiswa. Part-time hanyalah kegiatan sampingan. Tetap seimbangkan  antara kegiatan kampus dan part-time.

 

Penulis: Xena Olivia

Editor: Gilang Fajar Septian

Sumber: Cosmopolitan.com, Ehef.id

Sumber Gambar: Mightymega.com (gambar utama), Tech2all.com