14 Tahun di Barcelona, Messi Berhasil Cetak 600 Gol

Sumber: Twitter @FootyAccums
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Barcelona memetik kemenangan dalam pertandingan leg pertama babak semifinal Liga Champion di Camp Nou, Kamis (02/05/19) dini hari. Dalam kemenangan 3-0 atas Liverpool tersebut, Lionel Messi berhasil mencetak brace. Gol keduanya pada pertandingan ini sekaligus menggenapkan 600 gol Messi bersama Barcelona.

Pencapaian ini menyusul raihan 600 gol Christiano Ronaldo saat berjumpa Inter Milan pada Minggu (28/04/19) lalu. Hanya saja, predikat tersebut merupakan akumulasi gol Ronaldo dari empat klub berbeda, yaitu Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus. Messi meraih catatan serupa hanya dengan satu club saja, Barcelona.

Pemain dengan nama panjang Lionel Andrés Messi ini juga mampu mencetak rekor tersebut tetap dalam kurun waktu 14 tahun. Gol pertama pemain berjulukan GOAT ini diraih saat melawan Albacete pada 1 Mei 2005 silam. Dalam kurun waktu tersebut, Messi telah bermain 683 laga untuk Barcelona.

Selain rekor 600 gol, The Messiah tercatat sebagai pemain paling rajin yang membobol gawang tim asal Inggris sepanjang liga yang memperebutkan piala ‘Si Kuping Besar’ tahun ini. Sebelum Liverpool, klub Inggris yang merasakan ketajaman dari Messi ialah Tottenham Hotspur dan Manchester United. Rekor ini menyamai salah satu penyerang Bayern Muenchen, Thomas Muller pada musim 2013-2014.

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde turut berkomentar terkait rekor yang dicapai oleh Messi. Menurutnya, pemain asal Argentina tersebut sudah terbiasa mencetak rekor dan akan terus mencetak rekor-rekor baru saat menjadi skuat Barcelona.

“Ia memecahkan setiap rekor. Ia akan memecahkan lebih banyak dan setiap kali para fan datang untuk menyaksikan penampialnnya di Camp Nou atau stadion lain, mereka mengharapkan sesuatu yang istimewa dan ia selalu berhasil melakukannya. Mereka pulang dengan senang,” ujar Valverde.

Angka yang diraih oleh Messi ini terdiri dari gol-gol yang didapat dari semua liga yang diikuti oleh Barcelona. Berikut rincian dari 600 gol yang dibuat oleh pemain yang bernomor 10 di seragamnya tersebut:

  • La Liga Spanyol: 417 gol
  • Liga Champion: 112 gol
  • Copa Del Rey: 50 gol
  • Piala Super Spanyol: 13 gol
  • Piala Dunia Klub: 5 gol
  • Piala Super Eropa: 3 gol

 

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Ivan Jonathan

Sumber: Bolasport.com, Medcom.id, Theworldnews.net, CNNindonesia.com

Foto: Twitter @FootyAccums