Andre Villas-Boas Dipecat Marseille Setelah Ajukan Pengunduran Diri

Andre Villas-Boas Dipecat Marseille Setelah Ajukan Pengunduran Diri
Manajer Olympique Marseille, Andre Villas-Boas resmi dipecat setelah mengajukan pengunduran dirinya pada Selasa (02/02/20). (Foto: cityam.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com —Andre Villas-Boas resmi dipecat dari posisinya sebagai manajer Olympique Marseille pada Selasa (02/02). Keputusan tersebut diambil oleh dewan direksi klub setelah Villas-Boas mengumumkan ke publik bahwa dia mengajukan pengunduran diri.

Keputusan pemecatan Villas-Boas dimuat di situs resmi klub om.fr pada Selasa (02/02).

“Olympique de Marseille mengumumkan pemberhentian sementara André Villas-Boas.

Keputusan sementara ini menjadi tak terelakkan mengingat pengulangan tindakan dan sikap baru-baru ini yang sangat merugikan institusi Olympique de Marseille dan karyawannya yang membelanya setiap hari.

Komentar yang dibuat hari ini pada konferensi pers mengenai Pablo Longoria, manajer umum yang bertanggung jawab atas sepak bola, tidak dapat diterima.

Investasinya yang luar biasa tidak dapat dipertanyakan dan malah disambut oleh semua selama musim dingin yang ditandai oleh krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sanksi apa pun akan dijatuhkan terhadap André Villas-Boas setelah proses disipliner.”

Sebelumnya, Villas-Boas sudah mengungkapkan bahwa dia telah mengajukan pengunduran diri dari klub sepak bola asal Prancis tersebut dalam konferensi pers yang diadakan pada Selasa (02/02). Hal ini dia lakukan menyusul perselisihan dengan pihak dewan direksi klub yang memutuskan untuk mendatangkan gelandang asal Prancis, Olivier Ntcham, tanpa sepengetahuannya.

Dilansir dari skysports.com, Marseille mendatangkan Ntcham dari klub asal Skotlandia, Celtic dengan status pemain pinjaman hingga akhir musim dengan opsi untuk mempermanenkan kepindahannya seharga 4,5 juta poundsterling.

Namun, tampaknya kedatangan pemain tersebut tidak disambut hangat oleh Villas-Boas, bahkan sang manajer sampai mengajukan pengunduran dirinya. Dikutip dari theathletic.com, eks-manajer Chelsea dan Porto tersebut mengatakan bahwa dia sebenarnya menolak untuk mendatangkan Ntcham.

“Saya telah mengundurkan diri karena saya tidak setuju dengan kebijakan olahraga klub. Saya menolak untuk mendatangkan Olivier Ntcham. Dia tidak ada dalam daftar (pemain incaran) kami,” ujar manajer asal Portugal tersebut.

Villas-Boas bergabung dengan Marseille pada 28 Mei 2019 menggantikan manajer saat itu, Rudi Garcia, dengan kontrak dua tahun. Pada musim pertamanya, Marseille berhasil finis di posisi kedua di Ligue 1 setelah kompetisi tersebut dihentikan akibat pandemi Covid-19.

Musim ini, Marseille jauh berbeda dibandingkan sebelumnya. Mereka terperosok ke papan tengah klasemen dan bertengger di posisi ke-9 setelah memainkan 20 pertandingan (9 menang, 5 seri, 6 kalah). Mereka juga finis sebagai runner-up Trophée des Champions setelah dikalahkan oleh Paris Saint-Germain dengan skor 2-1.

Penulis: Louis Brighton Putramarvino                       

Editor: Charlenne Kayla Roeslie

Foto: cityam.com

Sumber: om.fr, skysports.com, theathletic.com