Liverpool Datangkan 2 Bek Tengah Darurat

Ozan Kabak dan Ben Davies menjadi dua bek tengah baru Liverpool yang baru dibeli pada bursa transfer Januari ini. (ULTIMAGZ.com)
Ozan Kabak ketika masih membela Schalke 04 di Bundesliga. Kini, Ozan Kabak dan Ben Davies menjadi dua bek tengah baru Liverpool. (Foto: Mario Hommes/DeFodi Images via Getty Images)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Liverpool akhirnya memutuskan untuk melakukan transfer pada bursa transfer Januari kali ini. Cederanya empat bek senior Liverpool membuat klub ini  memutuskan untuk mendatangkan 2 bek tengah baru.

Ben Davies dan Ozan Kabak merupakan dua pemain baru yang berhasil didatangkan ke Anfield. Ben Davies ditransfer secara permanen dari klub divisi Championship, Preston North End. Di sisi lain, Liverpool meminjam Ozan Kabak dari Schalke 04 dengan opsi pembelian secara permanen.

Ben Davies diangkut oleh Liverpool dengan harga 1,6 juta poundsterling atau sekitar Rp 30,7 M dari Preston. Bek 25 tahun tersebut akan menggunakan nomor punggung 28 di Anfield.

“Saya jelas senang berada di sini (Liverpool). Ini adalah kesempatan besar,” ujar Davies dalam situs resmi klub Liverpool dilansir dari kompas.com.

Ozan Kabak menjadi pemain terakhir yang didatangkan Liverpool pada bursa transfer pemain bulan Januari ini. Kabak datang dari Schalke dengan status pinjaman hingga akhir musim 2020/2021 nanti. Dalam transfer ini juga ada kesepakatan bahwa Liverpool dapat menjadikan  Kabak permanen di akhir musim. The Reds diharuskan untuk mengeluarkan biaya transfer 18 juta poundsterling atau sekitar Rp 344,7 M bila ingin membuat Kabak berstatus permanen.

Transfer yang Liverpool lakukan dapat dibilang sebagai langkah terakhir klub untuk memperbaiki performa bek tengah mereka yang kacau. Hingga kini, 3 bek tengah utama Liverpool tengah mengalami cedera yang cukup parah. Ketiga bek tengah senior tersebut diprediksi tidak dapat bermain hingga akhir musim.

Virgil van Dijk harus mengalami cedera ACL akibat diterjang oleh kiper Everton, Jordan Pickford pada derby Merseyside Oktober lalu. Joe Gomez juga mengalami cedera lutut parah di kaki kirinya saat mengikuti pelatihan bersama Timnas Inggris November lalu. Terbaru, Joel Matip harus mengalami cedera ligamen engkel ketika membela Liverpool saat mengalahkan Tottenham Hotspurs dengan skor 3-1 di London.

Akibat krisis bek tersebut, Jurgen  Klopp sampai harus menarik kedua gelandang mereka, Fabinho dan Jordan Henderson untuk mengisi posisi bek. Sialnya, Fabinho juga harus mengalami masalah otot sehingga tidak dapat tampil ketika melawan Spurs.

Praktis tersisa dua bek tengah Liverpool yang masih tergolong junior, Rhys Williams dan Nathaniel Phillips. Kedua bek tersebut belum mampu memberikan performa yang apik selama berada di atas lapangan. Kedatangan kedua bek baru ini diharapkan mampu meningkatkan pertahanan dari juara bertahan Liga Inggris tersebut.

 

 

Penulis: Frengky Tanto Wijaya

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: Mario Hommes/DeFodi Images via Getty Images

Sumber: Kompas.com, Detik.com, Kumparan.com, Goal.com, Bola.com