Arsenal Hentikan Langkah AC Milan di Europa League

Duel Granit Xhaka dan Suso saat pertandingan leg kedua antara Arsenal dan AC Milan di Emirates Stadium, Jumat (16/3/18).
Share:

LONDON, ULTIMAGZ.com – Arsenal dipastikan lolos ke babak delapan besar Europa League setelah mengalahkan AC Milan dengan skor 3-1 (agregat 5-1) pada laga leg kedua babak 16 besar Europa League di Emirates Stadium, jumat (16/3/18). Gol pembuka dari Hakan Calhanoglu sempat menumbuhkan asa bagi Milan sebelum Arsenal membalikkan kedudukan lewat gol-gol dari Danny Welbeck dan Granit Xhaka.

Bermain di hadapan fans “The Gunners”, Milan berusaha bermain apik di awal babak pertama. Usaha tersebut menghasilkan buahnya pada menit ke-35, ketika Ricardo Rodriguez memberi umpan kepada Hakan Calhanoglu yang sukses dikonversi menjadi gol. Tak lama setelah Milan memimpin, Arsenal mendapat hadiah penalti usai Alessio Romagnoli dianggap menjatuhkan Welbeck di kotak terlarang. Tendangan dari titik putih yang dieksekusi Welbeck berhasil mengubah kedudukan menjadi 1-1 dan terus bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Arsenal mulai intens memberikan serangan. Pada lain sisi, AC Milan juga terus berusaha untuk mengejar ketertinggalan agregat.

Pelatih Gennaro Gattuso menurunkan Nikola Kalinic dan Giacomo Bonventura untuk menggantikan Patrick Cutrone dan Calhanoglu di menit ke-70. Namun, pergantian tersebut tampak sia-sia setelah tak lama berselang Donnaruma melakukan kesalahan saat menepis tendangan dari Granit Xhaka yang berujung pada gol kedua Arsenal.

Tertinggal 2-1, tempo permainan Milan mulai melambat. Para pemain “Rossoneri” kesulitan menahan gempuran Arsenal menjelang berakhirnya laga.

Di menit ke-86 Welbeck berhasil mengeksploitasi penurunan pada permainan Milan dengan mencatatkan namanya di papan skor untuk kali kedua lewat tandukannya. Skor 3-1 untuk keunggulan pasukan “Meriam London” pun menjadi hasil akhir dari pertandingan ini.

Dengan kekalahan ini, AC Milan harus kembali memupus harapan untuk terus melaju di Europa League setelah lama tidak bermain di kompetisi tersebut.

 

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Gilang Fajar Septian

Sumber: Goal.com, Kompas.com

Foto: Kompas.com