Bantai Sampdoria, Debut Manajerial Pirlo Berjalan Mulus

Bantai Sampdoria, Debut Manajerial Pirlo Berjalan Mulus (Ultimagz)
Juventus berhasil mengalahkan Sampdoria dengan skor 3-0 dalam laga pekan pertama musim 2020/2021 Serie A di Allianz Stadium pada Senin (21/09/20). (Foto: twitter.com/ChampionsLeague)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Andrea Pirlo berhasil meraih kemenangan dalam debutnya sebagai manajer Juventus sejak ditunjuk pada Agustus lalu. Mantan gelandang timnas Italia tersebut membawa timnya menang tiga gol tanpa balas atas Sampdoria.

Juventus menjamu Sampdoria dalam laga pekan pertama musim 2020/2021 Serie A di Allianz Stadium pada Senin (21/09/20). Il Bianconeri memberikan debut kepada beberapa pemain. Dejan Kulusevski yang didatangkan dari Atalanta kemudian dipinjamkan ke Parma pada bursa transfer Januari musim lalu. Weston McKennie yang didatangkan dari Schalke juga menjalani laga debutnya. Nama yang paling mengejutkan adalah Gianluca Frabotta. Frabotta didatangkan dari tim U-19 Bologna dan bermain di tim U-23 Juventus sepanjang musim lalu. Pirlo langsung memercayakan Frabotta untuk mengawal posisi wingback kiri dalam formasi 3-4-1-2.

Sementara itu, Sampdoria lebih memilih untuk menurunkan pemain-pemain berpengalaman dalam susunan pemain mereka. Claudio Ranieri menurunkan susunan pemain berisi pemain lama, seperti Jakub Jankto, Albin Ekdal, dan Emil Audero.

Dejan Kulusevski menjadi pencetak gol pertama di era Pirlo setelah melesakkan bola ke gawang Sampdoria yang dikawal Emil Audero pada menit ke-13 untuk memecah kebuntuan. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Sang Nyonya Tua terus mengincar gol untuk menambah keunggulan mereka. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-78. Sepak pojok yang dieksekusi oleh Kulusevski menyebabkan kekacauan di dalam kotak penalti Blucerchiati. Sepakan Weston McKennie berhasil ditepis oleh Audero. Namun, sialnya bagi pemain kelahiran Mataram, Nusa Tenggara Barat tersebut, Leonardo Bonucci dengan sigap langsung menjebol gawang dari jarak dekat.

Selang sepuluh menit kemudian, giliran Cristiano Ronaldo untuk unjuk gigi. Penyerang asal Portugal tersebut menerima umpan terobosan dari Aaron Ramsey dan langsung melakukan tendangan first time untuk menjebol gawang pasukan Claudio Ranieri. Skor 3-0 bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan hasil ini, Juventus sekarang berada di posisi kedua klasemen sementara Serie A dengan keunggulan 3 gol, sama dengan Genoa yang berada di posisi pertama. Di sisi lain, Sampdoria tersungkur ke dasar klasemen dengan defisit 3 gol, sama dengan Crotone yang berada di posisi ke-19. Selanjutnya Juventus akan berkunjung ke kandang Roma di Stadio Olimpico pada Senin (28/09/20), sedangkan Sampdoria akan menjamu Benevento di Stadion Luigi Ferraris pada Sabtu (26/09/20).

Penulis: Louis Brighton Putramarvino

Editor: Abel Pramudya

Foto: twitter.com/ChampionsLeague