World Cleanup Day: Tumbuhkan Kebiasaan Pilah Sampah

logo world cleanup day 2020
World Cleanup Day, kegiatan sukarela yang diikuti 180 negara dalam membersihkan polusi sampah di daerahnya. (Foto: waste4change.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com–Kebersihan dan sampah masih menjadi kendala bagi beberapa negara, salah satunya adalah Indonesia. Mengutip nasional.republika.co.id, jumlah sampah yang dihasilkan Indonesia pada tahun 2019 meningkat hingga 66–67 juta ton dari rata-rata tahun sebelumnya sebesar 64 juta ton. 

Diperkirakan hanya 40–60% dari 66–67 juta ton yang terangkut hingga tempat pembuangan akhir, sedangkan sisanya terbuang sembarangan. Sisa sampah ini membawa banyak dampak buruk, bukan hanya Indonesia yang terkena dampak sisa sampah yang terbuang sembarangan, melainkan juga berbagai negara lainnya. Pasalnya, Indonesia menjadi penghasil terbesar kedua sampah plastik di lautan setelah China.

Jutaan orang dari seluruh dunia berusaha mengatasi kendala ini melalui World Cleanup Day, kegiatan tahunan yang bersifat sukarela dan diperuntukkan membersihkan daerah-daerah penuh sampah dan memilahnya. World Cleanup Day dimulai pada tahun 2008 di Estonia sebelum akhirnya mendunia dan diikuti lebih dari 180 negara, termasuk Indonesia. Dua tahun belakangan, Indonesia berhasil memimpin aksi cleanup terbesar di dunia.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pandemi COVID-19 mengubah kelangsungan kegiatan World Cleanup Day. Perbedaan situasi COVID-19 setiap negara akhirnya menghasilkan berbagai kampanye yang berbeda. Indonesia sendiri lebih memilih untuk menerapkan kampanye individual cleanup, masyarakat diajak untuk membersihkan dan memilah sampah dari rumah.

Agustina Iskandar, pemimpin dari World Cleanup Day Indonesia, mengatakan bahwa kegiatan ini hanya berupa momentum untuk menyatukan masyarakat mengenai kesadaran akan sampah. Ia menambahkan, “Selain memilah sampah saat World Cleanup Day, mau tidak setelah World Cleanup Day, sampahnya terus-terusan dipilah, sehingga akan mudah diolah,” ucapnya pada Online Ceremonial WCDI Sabtu (19/09/20) lalu.

Bagi Ultimates yang ingin turut bergabung dalam pemilahan sampah, terdapat beberapa jenis sampah yang harus diperhatikan. Selengkapnya dapat dilihat melalui infografik dibawah ini

Infografik kategori sampah
Infografik kategori pemilahan sampah (Infografik: ULTIMAGZ/ Thefanny)

Penulis: Thefanny

Editor: Xena Olivia

Foto: waste4change.com, ULTIMAGZ/Thefanny

Sumber: nasional.republika.co.id, worldcleanupday.org