Bayern Muenchen Juara Liga Champions 2020

Bayern Muenchen Juara Liga Champion
Bayern Muenchen keluar menjadi juara Liga Champions setelah mengalahkan wakil Perancis, Paris Saint-Germain dengan skor 1-0 (Foto: tempo.co)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Berakhir sudah perhelatan dari ajang Liga Champions musim ini. Hasilnya, Bayern Muenchen keluar menjadi juara Liga Champions setelah mengalahkan wakil Perancis, Paris Saint-Germain dengan skor 1-0.

Final Liga Champions musim ini dilangsungkan di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal pada Senin (24/08/20) dini hari. Final kali ini mempertemukan juara dari Jerman dengan Perancis. Bayern selaku jawara dari Bundesliga Jerman dan Paris Saint Germain dari Ligue 1 Perancis. Pertandingan berlangsung dengan tempo permainan yang sangat tinggi.

Sejak awal pertandingan, PSG melakukan gaya permainan yang ofensif dan cepat. Trio penyerang mereka (Kylian Mbappe, Neymar, Angel Di Maria) selalu berlari kencang dari tengah lapangan untuk melancarkan serangan ke gawang Bayern. Beberapa peluang berhasil dimentahkan oleh kiper veteran Bayern, Manuel Neuer.

Begitupun dengan Bayern Muenchen. Bayern menerapkan high pressing kepada pemain PSG yang sedang memegang bola. Tujuannya agar lawan kehilangan bola dan pemain Bayern memanfaatkan momentum untuk melakukan serangan balik. Beberapa peluang juga diciptakan oleh Robert Lewandowski dan Kingsley Coman, tetapi dapat dimentahkan oleh kiper PSG, Keylor Navas. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, Bayern mulai bermain lebih tenang dan kalem. Mereka tidak terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan. Bahkan mereka dapat meredam serangan serangan dari PSG.

Gol semata wayang dalam laga ini tercipta di menit 59. Bermula dari serangan yang dilakukan oleh Serge Gnabry, dia memberikan passing kepada Joshua Kimmich. Kimmich dengan sempurna memberikan umpan yang akhirnya dapat dikonversikan oleh Kingsley Coman menjadi gol.

Setelah gol tersebut, permainan menjadi berubah. Skuad asuhan Thomas Tuchel lebih sering terkurung dan ditekan oleh Bayern hingga akhir pertandingan. Skor tetap 1-0 dan Bayern Muenchen dinyatakan sebagai juara Liga Champions musim ini.

Dengan keberhasilan merengkuh gelar Liga Champions membuat Bayern berhasil mendapat treble winner. Sebelumnya, Bayern telah memastikan diri menjadi juara di Bundesliga dan juga DFB Pokal Jerman. Treble ini juga merupakan kali kedua bagi Bayern, setelah sebelumnya pernah meraihnya di tahun 2013. Bayern juga menyamai catatan Barcelona yang mampu merengkuh treble winner sebanyak dua kali.

Hal yang membuat gelar juara Bayern lebih istimewa lagi adalah rekor kemenangannya di musim ini. Dari 11 pertandingan sedari fase grup, Muenchen berhasil memetik seluruh kemenangan dari 11 laga tersebut. Mereka menjadi satu-satunya tim yang meraih gelar juara liga champions dengan rasio kemenangan 100 persen. Lebih apik lagi, skuad asuhan Hans Flick mampu mencetak 43 gol di Liga Champions dalam kurun 1 musim. Fantastik.

Bayern Muenchen selaku juara Liga Champions musim ini memastikan diri melaju ke ajang Piala Super UEFA 2o20 pada 24 September mendatang. Lawannya adalah Sevilla, yang beberapa hari lalu juga memastikan diri menjuarai ajang UEFA lainnya, Liga Eropa.

Penulis: Frengky Tanto Wijaya

Editor: Agatha Lintang

Foto: tempo.co

Sumber: detik.com, brfootball.com, goal.com