Berakhir Imbang, Liverpool-Bayern Masih Punya Peluang Lolos

Duel udara antara Firminho dan Javi Martinez saat Liverpool menjamu Bayern Muenchen pada leg pertama Champion League babak 16 besar. (sumber: Reuters)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Tim asal Inggris Liverpool menjamu Bayern Muenchen pada laga lanjutan Champion League babak 16 besar leg pertama di Stadion Anfield, Rabu (20/02/19) dini hari. Laga tersebut berakhir dengan skor imbang. Hal tersebut menyebabkan kedua tim masih memiliki peluang yang sama untuk lolos ke babak 8 besar.

Menghadapi FC Bayern, Liverpool memainkan skema pertandingan 4-3-3 dengan memasang trisula andalan mereka, Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Mereka juga unggul dalam head to head karena tidak pernah kalah saat berhadapan dengan tim asal kota Muenchen tersebut. Sebaliknya, FC Bayern bermain dengan formasi 4-3-3 dan mengandalkan Robert Lewandowski, Coman dan Gnabry untuk menggedor pertahanan Liverpool.

Kedua tim saling bergantian menyerang pada awal permainan. Bayern mendapat peluang pertama ketika terjadi kemelut pada kotak penalti di menit ke-7. Hanya saja, Allison mampu memotong bola umpan dari Thiago Alcantara yang mengarahkan pada James Rodriguez. 

Pada menit ke-12, tim asuhan Jurgen Klopp mendapat peluang emas ketika Henderson memberikan umpan lambung. Salah yang berada di depan mencoba mendapatkan umpan tersebut setelah berhasil lolos dari penjagaan. Sayang, tendangan Salah masih lemah sehingga mampu ditangkap oleh Neuer.

Gol bunuh diri juga sempat terjadi pada menit ke-14. Gnabry mencoba menyerang dari sisi kanan pertahanan Liverpool dan memberikan umpan silang. Pemain belakang Liverpool Matip berusaha membuang bola umpan tersebut namun mengarah ke gawang. Untung, bola tersebut mengenai Allison sehingga tak berakhir gol bunuh diri.

Penyerangan terus dilakukan oleh kedua tim selama babak pertama. Peluang=peluang terus didapatkan namun tak ada satupun yang terkonversi menjadi sebuah gol. Hingga turun minum, skor kacamata didapatkan oleh kedua tim tersebut.

Memasuki babak kedua, tempo permainan sedikit menurun. Penyerangan dilakukan tak sebanyak babak pertama. 

Liverpool hampir saja mendapatkan skor pada menit ke-55 ketika Keita memberi umpan terobosan pada Robertson. Bola yang berhasil diblok oleh Sule mengarah pada Salah yang berada di sisi kanan gawang. Sayangnya, Salah tak bisa mengontrol bola tersebut sehingga tak menghasilkan gol.

Di menit ke-58, tim asuhan Niko Kovac juga berusaha mencuri poin. Gnarby berhasil memenangkan perebutan bola dan membawa bola ke sisi tengah gawang yang terlihat kosong. Dari luar kotak pinalti, Gnarby menendang langsung bola ke arah gawang dan bola masih terlalu tinggi dari gawang. 

Peluang-peluang yang didapatkan kedua tim sama sekali tidak ada yang membuahkan gol. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan selesai, Liverpool dan Bayern harus puas dengan skor imbang tanpa gol.

Hasil ini menambah catatan buruk Bayern yang tak pernah menang ketika berhadapan dengan Liverpool. Kedua tim dipastikan juga akan saling ngotot ketika Bayern gantian menjamu Liverpool pada pertandingan leg kedua yang akan dilaksanakan pada 14 Maret mendatang. Kemenangan perlu didapatkan untunk memastikan lolos ke babak 8 besar pada pertandingan tersebut.

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Hilel Hodawya

Foto: Reuters