Chelsea Makin Jauh dari Liga Champions Musim Depan

Share:

LONDON, ULTIMAGZ.com – Peluang Chelsea untuk memperoleh jatah berlaga di Liga Champions musim depan makin menipis usai dipastikan tak melaju lebih jauh di kompetisi tersebut musim ini. Kekalahan 1-2 atas Paris Saint-Germain (PSG) di Stamford Bridge, Rabu (9/3), pada leg kedua memastikan The Blues gagal lolos ke babak perempat final dengan ketertinggalan 2-4 secara agregat.

Posisi Chelsea di klasemen sementara Liga Primer Inggris hingga pekan ke-29 masih tertahan di peringkat kesepuluh. Bisa dibilang cukup sulit untuk mereka mengejar empat besar demi jatah Liga Champions musim depan, meskipun masih ada kesempatan secara matematis. Oleh karena itu, satu-satunya cara agar mereka tetap berlaga di kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa ini adalah menjadi juara di kompetisi tersebut pada musim ini.

Akan tetapi, harapan itu akhirnya harus sirna dalam semalam. Gol Adrien Rabiot dan Zlatan Ibrahimovic untuk tim tamu, hanya mampu dibalas satu gol oleh Diego Costa. Alhasil, skor 1-2 membawa PSG lolos dengan agregat 2-4, setelah sebelumnya tim asal Perancis tersebut menang dengan angka yang sama di Parc des Princes pada leg pertama.

Bagi Chelsea, peluang yang masih terbuka lebar untuk meraih kesuksesan musim ini hanyalah di ajang Piala FA. Sebab, selain telah tersingkir dari Liga Champions, menjadi juara di Liga Primer Inggris juga sudah menjadi sesuatu yang sangat mustahil untuk “Si Biru”, mengingat besarnya selisih poin dengan Leicester City di puncak klasemen, yakni 20 poin.

Bahkan, jika tim asuhan Guus Hiddink ini ingin kembali berlaga di Liga Champions musim depan, mereka harus mengejar 10 poin ketertinggalan dari Manchester City di peringkat keempat. Belum lagi persaingan dengan klub-klub di atas mereka pada klasemen sementara; Southampton, Stoke City, Liverpool, Manchester United, dan West Ham United.

Hiddink berpendapat bahwa tim asuhannya saat ini sedang dalam masa transisi untuk kembali memperbaiki performa musim depan. Menurutnya, Chelsea adalah tim yang sepantasnya berada di Liga Champions, dan mereka harus terus berusaha untuk itu.

“Mereka harus melihat bagaimana caranya untuk bisa terus berjalan dan berusaha kembali ke posisi di mana Chelsea seharusnya. Bukan hal yang mudah untuk bisa mendapatkan tempat keempat. Chelsea harus memikirkan masa depan jangka pendek mereka,” ungkap Hiddink, dikutip dari Reuters.

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Alif Gusti Mahardika

Sumber: goal.com

Foto: SAA