Daftar Liga-Liga Eropa yang Berhenti Total

Ilustrasi Liga-Liga Eropa yang Berhenti Total (ULTIMAGZ)
Ilustrasi Liga (Foto: Liputan6.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Sudah sebulan lebih liga-liga Eropa dan di dunia harus berhenti beraktivitas. Dampaknya, beberapa liga top di Eropa harus berhenti total. Terbaru, Prancis menjadi negara Eropa yang harus menghentikan paksa kompetisi liganya.

Sejak pertengahan Maret, seluruh aktivitas sepakbola seperti liga dan kompetisi harus terpaksa dihentikan. Mewabahnya pandemi COVID-19 yang masih terjadi di Eropa hingga sekarang belum menunjukkan kondisi yang baik.  Meskipun sudah mulai menurun, pemerintah masih belum memperbolehkan adanya kegiatan yang memuat banyak orang dalam satu tempat. Salah satunya adalah pertandingan sepakbola.

Terbaru, Ligue 1 Prancis harus mengalami penghentian total. Hal ini terjadi imbas dari keputusan Perdana Menteri Perancis Edouard Phillipe yang telah resmi melarang gelaran event olahraga sebelum September. Dengan begitu, Ligue 1 dan Ligue 2 musim ini tidak akan dilanjutkan kembali. Paris Saint Germain selaku pimpinan klasemen diangkat menjadi juara musim ini, dengan Toulouse & Amiens harus terdegradasi ke Ligue 2. PSG mendedikasikan juara musim ini kepada tenaga medis atas perjuangan mereka dalam menghadapi wabah pandemi ini.

“Titel liga kesembilan dalam sejarah klub ini akan Paris Saint-Germain dedikasikan untuk seluruh petugas medis dan ribuan tenaga profesional yang selalu bekerja menggerakkan roda perekonomian negara,” ujar pernyataan resmi klub dilansir dari detik.com.

Meskipun demikian, terdapat beberapa klub Ligue 1 yang memprotes atas kebijakan ini. Lyon dan Amiens menjadi dua klub yang paling vokal dalam menggugat keputusan dari Asosiasi Sepakbola Profesional Prancis (LFP). Selain itu ada juga Nice dan Toulouse yang berang dengan hasil ini.

Tidak hanya Prancis yang memutuskan untuk tidak melanjutkan kembali musim kompetisi liga mereka, Belgia dan Belanda menjadi negara-negara yang memutuskan menghentikan kompetisi liga. Perbedaannya adalah, Belanda memutuskan tidak ada juara dan tidak ada degradasi. Ajax Amsterdam dan AZ Alkmaar akan lolos ke kualifikasi Liga Champions, dengan Feyenoord langsung melaju ke babak grup Liga Europa, dan PSV Eindhoven serta Willem II melaju ke babak kualifikasi Liga Europa. Sementara itu di Belgia, Club Brugge selaku pimpinan klasemen menjadi juara Liga Belgia.

Nasib liga-liga Eropa lainnya masih abu-abu. Premier League, La Liga Spanyol, Serie A Italia, dan Bundesliga Jerman masih belum menemui kejelasan akan kelanjutan liga mereka. Apakah akan mengikuti jejak Ligue 1 dan Eredivisie, atau justru tetap melanjutkan liga mereka? Kita tunggu saja nanti.

Infografik

Infografik Liga-Liga Eropa yang Berhenti (ULTIMAGZ)
Infografik liga-liga di Eropa yang dihentikan total karena COVID-19

Penulis: Frengky Tanto Wijaya

Infografik: Frengky Tanto Wijaya

Editor: Xena Olivia

Foto: liputan6.com

Sumber: detik.com, cnnindonesia.com, Bolasport.com