Dikalahkan Peru 0-1, Langkah Brasil di Copa America Centenario Usai

Kiper Brasil Alisson dan bek Joao Miranda memprotes gol Peru yang berbau handball saat negaranya takluk 0-1 dan dipastikan tersingkir dari ajang Copa America Centenario.
Share:

FOXBOROUGH, ULTIMAGZ.com – Langkah juara dunia lima kali Brasil di gelaran Copa America Centenario 2016 dipastikan tak lebih jauh dari fase grup, setelah ditaklukkan 0-1 oleh Peru di Gillette Stadium, Foxborough, Massachusetts, Minggu (12/6).

Tertahan imbang 0-0 oleh Ekuador pada laga pembuka dan menang telak 7-1 atas Haiti pada pertandingan sebelumnya, Brasil memerlukan kemenangan atau bahkan hanya hasil seri untuk lolos ke perempat final sebagai juara grup B.

Kemenangan 4-0 Ekuador atas Haiti, beberapa menit sebelum dimulainya laga Brasil melawan Peru, membuat tim Samba tak boleh menderita kekalahan jika ingin lolos.

Meski tampil mendominasi sejak menit awal, lini serang Brasil yang mengandalkan Philippe Coutinho, Lucas Lima, Gabriel, dan Willian gagal menembus pertahanan yang dibangun oleh Peru hingga akhir babak pertama.

Begitu babak kedua dimulai, tim asuhan Carlos Dunga tak juga mampu memecah kebuntuan. Masuknya Hulk menggantikan Gabriel pada menit ke-72 juga tak berhasil memberikan ketajaman lini depan.

Jelang berakhirnya pertandingan, pertahanan Brasil lengah dan akhirnya kecolongan gol di menit ke-75. Adalah pemain pengganti Raul Ruidiaz yang baru masuk pada menit ke-64 menggantikan Edison Flores, mampu menjebol pertahanan tim Samba yang dikawal bek Joao Miranda dan Gil.

Meski para pemain Brasil sempat melakukan protes lantaran bola terlihat mengenai tangan Ruidiaz sebelum menjebol gawang kiper Alisson, wasit tetap menyatakan bahwa gol tersebut sah. Peru memimpin 1-0.

Skor tak berubah hingga peluit panjang dibunyikan, Peru akhirnya dipastikan lolos ke perempat final sebagai juara grup B dengan perolehan tujuh poin hasil dua kemenangan dan satu seri. Sementara itu, Brasil terperosot ke posisi ke-3 klasemen dengan hanya mengoleksi empat poin hasil satu kemenangan, satu seri, dan satu kalah. Sehingga, Ekuador yang sebelumnya mencukur Haiti 4-0 dipastikan lolos sebagai runner-up grup dengan koleksi lima poin hasil satu kemenangan dan dua seri.

Dengan hasil ini, Brasil dipastikan gagal melangkah lebih jauh dari fase grup pada kompetisi perayaan 100 tahun Copa America yang dihelat di Amerika Serikat ini.

Sementara itu, lolosnya Peru dan Ekuador melengkapi delapan kursi yang tersedia di perempat final. Sebelumnya, negara-negara seperti Kolombia, Argentina, tuan rumah Amerika Serikat, Meksiko, dan Venezuela telah dipastikan lolos terlebih dahulu. Tim yang menyusul ke babak perempat final kemudian adalah Cile, usai mengalahkan Panama dengan skor 4-2

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Alif Gusti Mahardika

Foto: goal.com