Duel Perancis dan Jerman di Semifinal Liga Champions

Lyon lolos ke semifinal Liga Champions setelah berhasil mengalahkan Manchester City dengan skor 3-1 (ULTIMAGZ)
Olympique Lyonnais menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal Liga Champions 2019-2020. (Foto: Alex Livesey - Danehouse/Getty Images)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Lengkap sudah deretan klub yang akan bertanding di fase semifinal Liga Champions tahun ini. Olympique Lyon menjadi klub terakhir yang memastikan lolos ke fase berikutnya.

Lyon berhasil melaju ke fase semifinal setelah mengalahkan Manchester City dengan skor 3-1 di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, Portugal pada Minggu (16/08/20) dini hari. Gol Lyon dicetak oleh Maxwel Cornet pada menit 24 dan super-sub, Moussa Dembele pada menit 79 dan 87. Sementara itu, gol City dibuat oleh Kevin de Bruyne pada menit 69. Selanjutnya, Lyon akan bertemu dengan juara Bundesliga, Bayern Muenchen di fase empat besar Liga Champions.

Duel semifinal kali ini akan berlangsung unik. Pasalnya, semifinalis Liga Champions tahun ini berasal dari Jerman dan juga Perancis. Bayern Muenchen dan RB Leipzig membawa nama besar Jerman. Di sisi lain, Paris Saint-Germain dan Olympique Lyon mewakili Ligue 1 Perancis.

Paris Saint Germain melaju ke Semifinal setelah berhasil menghentikan laju dari klub underdog, Atalanta dengan skor 2-1. Sementara itu, RB Leipzig berhasil lolos ke semifinal Liga Champions pertama kali sepanjang sejarah klub, setelah menekuk Atletico Madrid dengan skor 2-1.

Kejutan lain Liga Champions muncul ketika Bayern Muenchen berhasil membantai klub asal Catalan, Barcelona. Tidak tanggung-tanggung, Muenchen berhasil mengalahkan Barcelona dengan skor 8-2. Di sisi lain, Lyon lolos setelah berhasil membungkam City dengan skor 3-1.

Semifinal Liga Champions akan digelar pada Rabu (19/08/20) dan Kamis (20/08/20) dini hari. Partai pertama mempertemukan RB Leipzig dengan Paris Saint Germain di Estadio da Luz, Lisbon. Partai terakhir akan mempertemukan Lyon dengan Bayern Muenchen di Estadio Jose Alvalade. Kedua pemenang dari partai semifinal akan bertemu di laga puncak yang akan dilangsungkan di Estadio da Luz.

Beberapa kemungkinan dapat terjadi di Final Liga Champions nanti bila kita menilik ke semifinal nanti. Berikut tiga kemungkinan yang dapat terjadi di Final:

  1. All German Final
    Kemungkinan ini akan terjadi bila RB Leipzig dapat menghentikan laju PSG dan Bayern Muenchen berhasil mengalahkan Olympique Lyon. All German Final pernah terjadi pada tahun 2012-2013, ketika Muenchen berhadapan dengan Borussia Dortmund di Wembley, Inggris. Hasilnya, Muenchen menjadi juara.
  2. All France Final
    Kemungkinan ini dapat terjadi jika PSG dapat mengalahkan Leipzig dan Lyon kembali memberikan kejutan dengan menumbangkan Bayern Muenchen.
  3. German-France Final
    Kemungkinan ini terjadi jika PSG berhasil melaju ke Final dan melawan Bayern Muenchen di Lisbon nanti. Kemungkinan lain yang dapat terjadi adalah final mempertemukan RB Leipzig dengan Olympique Lyon.

Jadi Ultimates, kalian menantikan hasil seperti apa nanti? Kita tunggu saja.

 

Penulis: Frengky Tanto Wijaya

Editor: Agatha Lintang

Foto: Alex Livesey – Danehouse/Getty Images

Sumber: detik.com, kompas.com, BR Football, @championsleague