Duel Wilayah Timur di Finals, Siapa yang Akan Lolos?

Share:

CLEVELAND, ULTIMAGZ.com – Dengan kemenangan mutlak atas Toronto Raptors 78-116 di Quickens Loans Arena pada Rabu (25/5) silam, serta memimpin seri dengan skor 3-2, akankah Cleveland Cavaliers mengukuhkan diri untuk kembali ke Finals?

Raptors sempat mencuri kemenangan di kandangnya sendiri dengan memanfaatkan kelengahan Cavaliers. Namun margin kemenangan Raptors tidak seberapa jika dibandingkan dengan kemenangan Cavaliers di dua pertandingan pertama. Pada pertandingan pertama di kandang Cavaliers, Raptors dipaksa menelan kekalahan dengan skor 84-115. Sedangkan di pertandingan kedua di tempat yang sama, Raptors juga menelan kekalahan dengan skor 89-108.

Dari segi angka, Cavaliers selalu mampu membungkam Raptors di kandang, dalam dua pertemuan mereka.

Namun pada pertandingan ketiga, Raptors mengalahkan Cavaliers dengan skor 84-99. Dan pada pertandingan keempat, Raptors mengalahkan Cavaliers dengan skor akhir 99-105. Raptors yang diperkirakan akan kalah di kandang melawan Cavaliers, malah menyamakan seri dengan memperoleh dua kemenangan dari dua pertandingan kandang tersebut. 

Cavaliers segera merespon dengan kemenangan di kandang mereka pada pertandingan kelima. Kevin Love, LeBron James, dan Kyrie Irving, atau The Big Three Cavaliers masing-masing memperoleh skor diatas 20 poin dalam pertandingan ini. Sebagai fasilitator, James yang memperoleh delapan assists  memberikan kesempatan kepada Love dan Irving untuk mencetak poin. Ia pun memperoleh ritmenya sendiri dan juga ikut mencetak angka.

Dengan ini, Cavaliers hanya perlu memenangkan pertandingan keenam di Toronto untuk memperoleh tiket menuju Finals. Namun, langkah Cavaliers tidak akan semudah itu.

Raptors akan lebih diuntungkan jika bermain di kandang sendiri, terutama untuk mencegah ledakan scoring pemain Cavaliers. Pasalnya, secara defensive, Raptors jauh lebih baik dikandang.

Pemain Raptors Bismack Biyombo memperoleh 4 blocks dan 26 rebounds pada pertandingan ketiga, sedangkan pada pertandingan keempat, ia memperoleh 3 blocks dan 14 rebounds. Dan strategi yang diusung Raptors adalah berharap DeMar DeRozan dan Kyle Lowry untuk meningkatkan tempo permainan mereka secara offensive, seperti pada pertandingan keempat di mana Lowry dan DeRozan memperoleh skor diatas 30 poin.

Raptors telah melalui ronde pertama dan babak semifinal wilayah timur yang panjang. Kedua seri berlarut hingga pertandingan ketujuh. Namun semakin terpojok Raptors, seolah semakin kuat tekad mereka untuk maju. Dan fakta yang menarik adalah, pertandingan ketujuh dari kedua seri tersebut berlangsung di kandang Raptors.

Kandang Raptors seolah merupakan momok terbesar bagi Cavaliers sepanjang musim. Raptors selalu memperoleh kemenangan di kandang atas Cavaliers, dan tren positif tersebut berlanjut hingga seri final wilayah timur ini.

Akankah Raptors mencetak sejarah bagi Kanada dan menuju NBA Finals? Atau James dan Cavaliers yang kembali menjajal NBA Finals dan membawa pulang trofi pertama bagi Cavaliers?

 

Penulis : Evan Andraws

Editor : Alif Gusti Mahardika

Sumber : NBA.com, ESPN.com

Foto : NBA.com