Eko Yuli Sabet Tiga Medali di Piala Dunia Angkat Besi

Atlet Angkat Besi Eko Yuli Irawan (kiri) bersama Pelatih Dirja Wihardja (tengah) dan Atlet Angkat Besi Deni (kanan) usai penyerahan medali di ajang Piala Dunia Angkat Besi IWF di Fuzhou, Tiongkok, Sabtu (23/02/19). (Foto: kompas.com)
Share:

FUZHOU, ULTIMAGZ.com – Atlet angkat besi nasional Eko Yuli Irawan kembali menunjukkan kemampuannya. Setelah menyumbang emas pada gelaran Asian Games Agustus lalu, kini Eko berhasil membawa pulang tiga medali dari Piala Dunia Angkat Besi IWF yang diadakan di Fuzhou, Tiongkok pada Sabtu (23/02/19).

“Eko berhasil meraih satu emas dan dua medali perak. Sedangkan atlet lain Deni mendapatkan satu medali perak dan dua medali perunggu,” ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Angkat Berat, Binaraga, dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABBSI) Alamansyah dikutip dari antaranews.com.

Eko meraih medali emas dalam kelas 61 kilogram putra dengan total angkatan seberat 297 kilogram, bersaing tipis dengan Thach Kim Tuan asal Vietnam yang mendapat medali perak dengan total angkatan 295 kilogram. Medali perunggu diberikan kepada Wang Hao asal Tiongkok dengan total angkatan 286 kilogram.

Total angkatan dihitung dari angkatan snatch dan angkatan clean and jerk. Pada jenis angkatan snatch, Eko berhasil meraih perak dengan angkatan seberat 136 kilogram. Satu perak lagi direbutnya dari jenis angkatan clean and jerk seberat 161 kilogram.

Dilansir dari kompas.com, Pelatih Pemusatan Latihan Nasional PB PABBSI Dirja Wihardja mengatakan bahwa hasil yang dicapai pria peraih tiga medali Olimpiade ini semakin memuluskan jalannya untuk lolos kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo 2020.

“Hasil itu akan mempertahan posisi Eko pada peringkat delapan besar dunia. Tapi, Eko masih harus mengikuti lima hingga enam kejuaraan lain kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020,” ungkap Dirja.

Dirja menambahkan, peluang Eko akan semakin besar jika ia mampu meraih medali emas dalam Kejuaran Asia 2019 yang akan diselenggarakan di Ningbo, China pada 18-28 April 2019.

“Piala Dunia 2019 di Fuzhou itu adalah kejuaraan berkategori perak. Sedangkan Kejuaraan Asia di Ningbo adalah kejuaraan dengan kategori emas,” terangnya.

Total, tim angkat besi Indonesia membawa pulang satu emas, lima perak, dan empat perunggu dari ajang Piala Dunia IWF. Medali-medali tersebut dipersembahkan oleh empat dari tujuh atlet Indonesia yang bertanding pada kejuaraan ini.

 

Penulis: Charlenne Kayla Roeslie

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: kompas.com

Sumber: antaranews.com, tempo.co, kompas.com, cnnindonesia.com