Marvel Raih Penghargaan Oscar Perdana Lewat ‘Black Panther’

Ruth Carter selaku desainer kostum "Black Panther" menyumbangkan salah satu Oscar untuk film tersebut dalam kategori Best Costume Design. Dengan meraih dua penghargaan lainnya berupa Best Production Design dan Best Music (Original Score), "Black Panther" menjadi film Marvel pertama yang memenangkan Oscar pada Senin (23/02/19) di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. (Sumber foto: oscars.go.com)
Share:

LOS ANGELES, ULTIMAGZ.comBlack Panther menjadi film Marvel Studios pertama yang membawa pulang penghargaan di Academy Awards, atau akrab disebut Oscars, Senin (25/02/19) di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. Dari tujuh nominasi yang diterima, Black Panther memenangkan tiga penghargaan.

Ketiga penghargaan yang diraih oleh film besutan Ryan Coogler ini adalah Best Costume Design, Best Production Design, dan Best Music (Original Score). Diumumkan oleh aktris Melissa McCarthy dan aktor Brian Tyree Henry, Oscar pertama berhasil disumbangkan oleh Ruth Carter selaku desainer dalam kategori Best Costume Design. Di sisi lain, Carter juga merupakan wanita Afrika-Amerika pertama yang memenangkan kategori ini.

“Marvel mungkin telah menciptakan pahlawan super berkulit hitam pertama, tetapi melalui desain kostum, kami mengubahnya menjadi seorang raja Afrika,” ujar Carter dalam pidato kemenangannya.

Gelar tersebut juga berhasil digaet oleh Hannah Beachler selaku desainer produksi untuk film ini. Bersama dengan dekorator set Jay Hart, mereka memenangkan Oscar kedua untuk Black Panther dalam kategori Best Production Design. Beachler kemudian memberikan pidato yang emosional dan mendedikasikannya untuk seluruh kru, terutama untuk Coogler dan para pemain, serta keluarganya.

“Saya memberikan kekuatan ini kepada semua orang yang akan datang (berkarya) berikutnya untuk tidak pernah menyerah. Ketika Anda berpikir bahwa ini tidak mungkin, ingatlah nasihat yang saya dapatkan dari seorang wanita yang sangat bijak, ‘Saya telah melakukan yang terbaik, dan yang terbaik sudah cukup baik’,” pungkas Beachler.

Oscar terakhir untuk film yang rilis pada 2018 lalu ini berasal dari kategori Best Music (Original Score) yang dimenangkan oleh selaku komposer Ludwig Goransson. Goransson yang sebelumnya pernah bekerjasama dengan Coogler dalam film Fruitvale Station dan Creed juga merupakan seorang produser bagi beberapa musisi papan atas, seperti Chance the Rapper, Childish Gambino, dan grup musik Haim.

Adapun nominasi lain yang didapatkan Black Panther, yaitu Best Picture, Best Music (Original Song), Best Sound Editing, dan Best Sound Mixing. Selain Black Panther, film Marvel yang juga sukses mendapatkan nominasi adalah Avengers: Infinity War dalam kategori Best Visual Effects.

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: oscar.go.com

Sumber: oscar.go.com, polygon.com