Indonesia Hadapi Jepang di Perempat Final AFC U-19 2018

Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan U-19 Uni Emirat Arab (UEA) melalui gol tunggal Witan Sulaeman, Selasa (24/10/18). (foto: PSSI)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Tim Nasional Sepakbola U-19 Indonesia akan menghadapi juara bertahan AFC U-19, Jepang, pada laga perempat final yang diselenggarakan Minggu (28/10/18) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Kepastian Indonesia lolos ke babak perempat final didapat setelah berhasil menumbangkan Uni Emirates Arab dengan skor 1-0 dan menempatkan Indonesia pada posisi runner-up di grup A, Selasa (24/10/18).

Mengetahui sang lawan adalah juara bertahan AFC U-19 2014, Gelandang Timnas U-19 Indonesia, Abimanyu mengaku tidak gentar dengan kekuatan yang dimiliki oleh tim muda Samurai Biru ini. Menurutnya, Garuda Muda bisa lolos hingga semifinal pada edisi kali ini. Maka dari itu, ia berpesan pada rekan setimnya agar berjuang saat menghadapi Jepang yang notabene bukanlah tim yang sembarangan.

“Kita optimis, apalagi tuan rumah. Kita sama-sama makan nasi, dia sama-sama main bola,” tuturnya pada Goal.com.

Meski ada optimisme dari pemain, Timnas Indonesia harus mengakui bahwa laga ini akan menjadi laga terberat. Apalagi timnas Indonesia harus kehilangan dua pemain kuncinya saat menjamu Jepang. Kapten timnas U-19 Indonesia, Nurhidayat dan sang bintang, Egy Maulana yang dipastikan tidak dapat bermain pada laga tersebut. Absennya Nurhidayat dikarenakan kartu merah yang diterimanya saat menghadapi UEA, sedangkan Egy mengalami cedera di menit ke-68 saat mengalahkan U-19 Uni Emirat Arab (UEA).

Perihal cidera Egy, Indra Sjafri turut angkat bicara. Ia mengaku belum mengetahui pasti cedera yang dialami oleh pemain Lechia Gdansk ini, karena belum berkonsultasi dengan tim dokter mengenai cedera yang dialami oleh sang pemain.

Pada pertandingan terakhir Grup A AFC U-19, Timnas U-19 Indonesia berhasil memastikan lolos ke babak perempat final, setelah mengalahkan U-19 UEA secara dramatis. Sumbangsih satu gol Witan Sulaeman di menit ke-23. Lolosnya Indonesia di babak perempat final AFC U-19 merupakan sebuah penantian panjang. Indonesia terakhir lolos ke babak perempat final AFC U-19 pada tahun 1978. Selepas itu, langkah Indonesia selalu kandas di Babak Grup.

Perolehan terbaik tim Merah Putih hanya terjadi pada tahun 1961 ketika menjadi juara AFC U-19. Disisi lain, Bila Garuda Muda berhasil meraih kemenangan saat menjamu U-19 Jepang, maka dapat dipastikan anak asuh Indra Sjafri akan berlaga di Piala Dunia U-20 tahun depan. Tentu saja hal ini menjadi motivasi bagi punggawa U-19 Indonesia.

View this post on Instagram

Celebration in the Indonesian dressing room! #AFCU19

A post shared by AFC (@theafchub) on

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Sumber: Goal.com, Tempo.co

Foto: PSSI

Editor: Ridi F Khan.