Indonesia Kembali Hadapi Thailand di Final Piala AFF 2016

Share:

BANGKOK, ULTIMAGZ.com – Setelah Indonesia dipastikan lolos terlebih dahulu ke final Piala AFF 2016 usai memantapkan kemenangan agregat 4-3 atas Vietnam di My Dinh Stadium, Hanoi, Rabu (07/12/16). Kini giliran Thailand yang memastikan diri menjadi penantang Tim Garuda di babak pamungkas usai memukul Myanmar 4-0 di Rajamangala Stadium, Kamis (08/12/16). Artinya, duel penentu juara Asia Tenggara 2016 ini menjadi deja vu dari laga pertandingan pertama grup A yang juga mempertemukan kedua negara.

Pada laga tersebut, Indonesia harus mengakui keunggulan Tim Negeri Gajah Putih dengan skor 2-4. Thailand yang selanjutnya juga menyapu bersih kemenangan di dua laga berikutnya, lolos ke semifinal sebagai juara grup A, sedangkan Indonesia hanya lolos sebagai runner up.

Berstatus runner-up, Indonesia harus menghadapi lawan berat, yakni juara grup B Vietnam di semifinal. Sementara itu, Thailand menghadapi lawan yang relatif masih berada satu level di bawah mereka, Myanmar.

Pada laga leg pertama semifinal di kandang sendiri, Stadion Pakansari, Bogor pada Sabtu (03/12/16), Indonesia sukses menang 2-1 atas Vietnam berkat gol Hansamu Yama dan penalti Boaz Solossa. Dari Thuwana Stadium, Yangon, satu hari berikutnya, Thailand tak menemui kesulitan berarti saat dua gol Teerasil Dangda membuat mereka memukul Myanmar 2-0.

Memasuki leg kedua, beban Indonesia sedikit lebih berat dari Thailand untuk menjaga keunggulan agregat demi lolos ke final. Indonesia yang bertandang ke markas Vietnam, seburuk-buruknya harus meraih hasil seri atau kekalahan tipis dengan keunggulan agregat gol tandang.

Akhirnya, Tim Merah Putih sukses menjawab tantangan tersebut dengan meraih hasil seri 2-2. Unggul lebih dahulu lewat gol Stefano Lilipaly, Vietnam yang sudah bermain dengan sepuluh pemain, mampu membalikan keadaan dengan mencetak dua gol dan memaksa laga dilanjutkan dengan pertambahan waktu. Beruntung, gol penalti Manahati Lestusen di babak perpanjangan sukses  menyamakan kedudukan dan mengembalikan kemenangan secara agregat.

Thailand yang sudah mengantongi keunggulan dua gol, boleh menanggung lebih sedikit beban saat melakoni laga leg kedua di kandang sendiri. Alhasil, gol-gol dari Sarawut Masuk, Theeratorn Bunmathan, Siroch Chatthong, dan Chanathip Songkrasin sukses membombardir gawang Myanmar 4-0 dan menambah agregat menjadi 6-0 untuk lolos ke final.

Sebelumnya, pertemuan kembali kedua negara ini sempat menjadi dugaan ataupun harapan pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang.

“Ya, saya senang kami lolos dengan sempurna. Selamat juga bagi Indonesia yang telah mengikuti kami. Mungkin kita bisa bertemu lagi di final!” ungkap Kiatisuk kepada FOX Sports setelah laga matchday pamungkas grup A. 

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Christoforus Ristianto

Foto: bola.kompas.com