Inilah Para Peraih Penghargaan di FIFA Ballon d’Or 2015

Share:

ZURICH, ULTIMAGZ.com – Tidak hanya Lionel Messi yang menerima penghargaan pada malam pengumuman FIFA Ballon d’Or 2015, Senin (11/1). Beberapa penghargaan lain untuk pemain dan pelatih juga diumumkan di Zurich Kongresshaus.

Messi dinobatkan sebagai Pemain Pria Terbaik Dunia usai memperoleh suara terbanyak, mengungguli Cristiano Ronaldo dan Neymar Jr. Sedangkan untuk kategori wanita, Pemain Terbaik Dunia jatuh kepada gelandang Amerika Serikat Carli Lloyd, yang mengalahkan dua nama lainnya yakni Aya Miyama (Jepang) dan Celia Sasic (Jerman).

Selain itu, gol akrobatik Wendell Lira ke gawang Atletico-GO di ajang Campeonato Goiano pada Maret 2015 memenangkan penghargaan gol terbaik atau FIFA Puskas Award. Pemain asal Brasil yang kini bermain untuk klub Vila Nova ini mengalahkan Lionel Messi (Barcelona) dan Alessandro Florenzi (AS Roma) dalam kategori tersebut.

Untuk pelatih, Luis Enrique yang sukses membawa Barcelona meraih treble musim lalu terpilih menjadi Pelatih Pria Terbaik Dunia. Untuk kategori wanita, pelatih Amerika Serikat asal Inggris Jill Ellis dinobatkan menjadi Pelatih Wanita Terbaik Dunia.

Sementara itu, para pemain La Liga mendominasi FIFA FIFPro Team of the Year,  dengan Messi, Ronaldo, Sergio Ramos, Dani Alves, Neymar, Marcelo, Luka Modric, dan Andres Iniesta. Pemain non-La Liga yang masuk hanyalah Thiago Silva (Paris Saint-Germain), Paul Pogba (Juventus), dan penjaga gawang Manuel Neuer (Bayern Muenchen).

Hasil Lengkap Pengumuman Penghargaan FIFA Ballon d’Or 2015:

Pemain Pria Terbaik: Lionel Messi

Pemain Wanita Terbaik: Carli Lloyd

Gol Terbaik: Wendell Lira (Goiano vs. Atletico-GO, Maret 2015)

Pelatih Pria Terbaik: Luis Enrique

Pelatih Wanita Terbaik: Jill Ellis

FIFA FIFPro Team of the Year:

Kiper

Manuel Neuer (Jerman/Bayern Muenchen)

Pemain Belakang

Thiago Silva (Brasil/Paris Saint-Germain)

Sergio Ramos (Spanyol/Real Madrid)

Dani Alves (Brasil/Barcelona)

Marcelo (Brasil/Real Madrid)

Pemain Tengah

Andres Iniesta (Spanyol/Barcelona)

Luka Modric (Kroasia/Real Madrid)

Paul Pogba (Prancis/Juventus)

Pemain Depan

Neymar (Brasil/Barcelona)

Lionel Messi (Argentina/Barcelona)

Cristiano Ronaldo (Portugal/Real Madrid)

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Alif Gusti Mahardika

Sumber: FIFA.com dan sport.detik.com

Foto: FIFA.com