Kerugian Indonesia Akibat Penundaan German Open 2020

(Foto: bolasport.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Virus corona atau Covid-19 memaksa Badminton World Federation (BWF) untuk menunda salah satu turnamen BWF World Tour Super 300, yakni German Open 2020, yang akan dijadwalkan pada 3–8 Maret mendatang di Innogy Sporthalle, Mülheim, Jerman. Hal ini tentu berdampak pada atlet bulu tangkis Indonesia.

Pasalnya, BWF World Tour Super 300 ini menjadi salah satu pijakan bagi atlet bulu tangkis Indonesia untuk dapat mengikuti Olimpiade 2020. Ajang ini merupakan pengumpulan poin agar dapat mengikuti Olimpiade 2020.

Susy Susanti selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengatakan “kami masih terus memantau perkembangannya. Ada kabar apa dari BWF. Sebab, ini terkait perhitungan Olimpiade.”

Dilansir dari detik.sport.com, Sekretaris Jendral PBSI Achmad Budiharto mengatakan bahwa ada kerugian finansial bagi Indonesia. Kerugian finansial ini meliputi tiket pesawat, akomodasi, dan sebagainya. Namun, Budiharto merasa kerugian ini adalah hal yang wajar dan keselamatan pemain adalah faktor terpenting dalam pertandingan.

“Semua kan sudah dipesan tiket pesawat, hotel, dan lain-lain. Tapi tolong diingat bahwa yang mengalami ini bukan hanya kami, semua juga terkena masalah yang sama. Tapi yang paling penting, kami concern dengan keselamatan pemain kami. Itu yang menjadi fokus utama kami dari semuanya” ujar Budiharto.

Pernyataan penundaan German Open 2020 ini dikeluarkan oleh BWF pada Rabu (26/02/2020) dengan rekomendasi dari otoritas kesehatan Kota Mulheim an der Ruhr terkait wabah virus Corona yang mulai memasuki benua Eropa. Penyebaran virus Corona ini dinilai terlalu berisiko untuk para atlet, staf, dan pengunjung.

Dengan penundaan ini, menjadikan German Open 2020 sebagai turnamen ke-4 yang tidak masuk dalam daftar poin Olimpiade 2020 karena masalah virus Corona. Tiga turnamen sebelumnya adalah China Masters Super 100, Vietnam International Challenge, dan Polish Open International Challenge.

Penulis: Thefanny

Editor: Agatha Lintang

Foto: bolasport.com

Sumber: detik.sport.com, badmintonindonesia.org, bolasport.com, bwfworldtour.bwfbadminton.com