Laga Terakhir David Silva, City Libas Norwich 5-0

Laga melawan Norwich menjadi laga terakhir dari David Silva di Premier League bersama Manchester City (ULTIMAGZ)
David Silva yang menjalani laga Premier League terakhirnya bersama City digantikan oleh Bernardo Silva (Foto: Getty Images/ Shaun Botterill)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Kapten Manchester City David Silva telah menjalani laga terakhirnya di Premier League pada Minggu (26/07/20) lalu. Hasilnya, City mampu menggulung juru kunci klasemen, Norwich City, dengan skor telak 5-0.

City berhasil menutup liga musim ini dengan hasil gemilang. Bermain di kandang sendiri, City selalu dapat menekan hingga area kotak penalti Norwich. Statistik menyebutkan City memiliki penguasaan bola sebesar 73,1 persen dan melakukan tembakan sebanyak 31 kali, dengan 10 diantaranya mengarah ke gawang.

Hasilnya, The Cityzens dapat menceploskan bola sebanyak 5 kali. Gol-gol tersebut dicetak oleh Gabriel Jesus (menit 11), Raheem Sterling (menit 79), Riyad Mahrez (menit 83), dan Kevin de Bruyne pada akhir babak pertama dan kedua.

Perpisahan untuk David Silva

David Silva sendiri bermain dari awal pertandingan ketika menghadapi Norwich kemarin. Dengan ban kapten di lengannya, Silva menjalani pertandingan ke-309 bersama City di Premier League. Silva memimpin lini tengah City bersama dengan Kevin de Bruyne dan Rodrigo.

Silva akhirnya meninggalkan lapangan dari Stadion Etihad pada menit 85 untuk digantikan Silva yang lain, yakni Bernardo Silva. Semua punggawa City termasuk sang manajer, Pep Guardiola, lantas memberikan sebuah salam perpisahan untuk David Silva. De Bruyne, Sterling, dan Laporte menyempatkan diri untuk memeluk pria yang memiliki julukan El Mago tersebut. Setelah keluar dari lapangan, Silva menyalami satu per satu staf kepelatihan dan para pemain di bangku cadangan.

“Ini (perpisahan dari rekan setim dan staff pelatih) begitu emosional karena mereka adalah orang-orang yang luar biasa. Saya telah bekerja untuk mereka selama 10 tahun dan punya hubungan yang baik. Saya mencintai mereka dan akan merindukan mereka semua,” ujar Silva dikutip dari BBC dilansir dari detik.com.

“Bisa memenangkan banyak gelar dengan cara yang kami lakukan itu membuat saya merasa sangat beruntung. Saya punya banyak momen menyenangkan, dan yang ini juga, yang terakhir. Aku akan kehilangan segalanya – bahkan cuaca di sini juga!” lanjutnya lagi.

Selepas pertandingan, CEO Manchester City Khaldoon Al Mubarak memberikan rasa terima kasihnya kepada Silva atas satu dekadenya di City melalui panggilan telepon. Selain itu, Pep juga memberikan rasa terima kasihnya atas permainan Silva di City selama ini.

β€œ(David Silva) luar biasa. Jumlah permainan, kualitas luar biasa dalam permainan yang dia mainkan, gelar yang dia bantu menangkan,” ujar Pep, sebagaimana dikutip dari laman resmi Man City. β€œDia bersama lima atau enam lainnya yang menjadikan Klub ini seperti sekarang. Dan klub ini akan selalu berterima kasih,” lanjutnya.

Silva mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Premier League, melalui unggahannya di Instagram. “Thank you @premierleague, It’s been a hell of a ride πŸ˜πŸ’™” tulisnya di Instagram.

Awal dan Akhir Karier Silva di City

David Silva awalnya bermain di Valencia, sebelum akhirnya dibeli oleh Manchester City pada 2010. Silva sendiri sudah bermain di 309 pertandingan Premier League sejak musim 2010/2011. Dalam kurun waktu tersebut, Silva berhasil mencetak 60 gol dan 93 assist untuk Manchester biru.

Silva juga menjadi bagian dari skuat City tahun 2011/2012 yang menjadi juara Premier League untuk pertama kalinya. Total Silva sudah membawa City menjuarai Premier League sebanyak 4 kali. Di musim terakhirnya, Silva didapuk sebagai kapten City yang baru, menggantikan Vincent Kompany. Di musim ini pula, Silva mampu membawa City untuk mempertahankan gelar Community Shield dan Carabao Cup.

Selanjutnya, Silva masih akan melanjutkan kiprah terakhirnya bersama City di ajang Champions League. Tinggal trofi inilah yang belum didapatkan oleh David Silva bersama City. Manchester City akan menghadapi Real Madrid di kandang dalam leg kedua 16 besar Liga Champions dengan keunggulan agregat 2-1 untuk City. Apabila City berhasil mengalahkan Madrid, mereka akan bertolak ke Lisbon untuk meneruskan harapan dan kiprah mereka dalam menggapai trofi Liga Champions.

β€œDia layak mendapatkannya, kami ingin membantunya memenangkan Liga Champions. Ini bisa jadi perpisahan terbaik,” ujar direktur sepak bola Manchester City, Txiki Begiristain, seperti dikutip dari laman resmi klub.

Setelah menjalani pertandingan Liga Champions bersama City, Silva akan berstatus free transfer. Rumornya, Silva akan bermain di Spanyol kembali.

Penulis: Frengky Tanto Wijaya

Editor: Agatha Lintang

Foto: Getty Images/Shaun Botterill

Sumber: detik.com, kompas.com, okezone.com, premierleague.com, indosport.com, skysports.com