Langgar Protokol Covid, Duo Pemain Manchester Diusir dari Skuad Inggris

Langgar Protokol Covid, Duo Pemain Manchester Diusir dari Skuad Inggris (Ultimagz)
Phil Foden (kiri) dan Mason Greenwood (kanan) dikeluarkan dari skuad timnas Inggris karena melanggar protokol keamanan Covid-19 setelah mengundang dua wanita ke dalam kamar hotel mereka pada Minggu (06/09/20). (Foto: manchestereveningnews.co.uk)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Mason Greenwood dan Phil Foden terpergok melanggar protokol COVID-19 di Islandia karena mengundang dua wanita ke kamar hotel mereka. Akibat perbuatan mereka, kedua pemain asal Manchester tersebut dikeluarkan dan dipulangkan secara terpisah dari skuad timnas Inggris.

Greenwood dan Foden baru-baru ini dipanggil ke skuad timnas Inggris berkat penampilan gemilang mereka selama musim 2019/2020 bersama klub mereka Manchester United dan Manchester City. Keduanya bahkan mencatatkan debut mereka untuk Inggris ketika melawan Islandia pada Sabtu (05/09/20) lalu.

Namun, mencatatkan debut mereka bersama Inggris masih belum cukup bagi kedua pemain muda tersebut, alhasil pada Minggu (06/09/20) mereka mengundang dua wanita lokal ke dalam kamar hotel. Hal tersebut tentu saja merupakan pelanggaran protokol keamanan dikarenakan hotel tersebut seharusnya berfungsi sebagai tempat karantina para pemain untuk menghindari bahaya virus COVID-19.

Akibat insiden ini, kedua pemain tersebut langsung dikeluarkan dari skuad timnas Inggris untuk pertandingan mereka selanjutnya melawan Denmark di Stadion Parken, Kopenhagen dalam laga UEFA Nations League. Selain itu, kepolisian Islandia juga sudah mendenda kedua pemain tersebut sebanyak 250.000 Krona Islandia.

Menanggapi kejadian ini Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mengeluarkan pernyataan pada Senin (07/09/20).

“Selama di Islandia, Phil Foden dan Mason Greenwood menghabiskan waktu di luar area tim pribadi kami, yang merupakan pelanggaran aturan COVID-19 kami. Meskipun mereka tidak meninggalkan hotel tim, hal tersebut merupakan pelanggaran protokol kami yang tidak dapat diterima. Mereka berdua telah meminta maaf karena kurangnya penilaian yang serius,” kata FA dalam sebuah pernyataan. 

“FA akan melakukan penyelidikan penuh atas keadaan yang mengarah pada pelanggaran ini. Kami telah berbicara dengan Asosiasi Sepak Bola Islandia untuk meminta maaf atas insiden ini dan untuk memastikan kepada mereka bahwa kami mengambil langkah yang tepat. Kami juga telah meyakinkan Asosiasi Sepak Bola Denmark bahwa semua pemain dan anggota staf lainnya telah diisolasi dalam grup kami selama periode ini. Prioritas kami sekarang adalah mempersiapkan tim untuk pertandingan melawan Denmark besok.”

Situasi ini tentu saja sangat disayangkan bagi kedua pemain tersebut mengingat potensi mereka yang menjanjikan dapat memberi dampak yang positif bagi skuad Inggris. Namun, mereka malah menyia-nyiakan kesempatan mereka dan memperburuk keadaan skuad Inggris akibat tindakan pelanggaran protokol kesehatan.

Penulis: Louis Brighton Putramarvino

Editor: Agatha Lintang

Foto: manchestereveningnews.co.uk

Sumber: thefa.com, dailymail.co.uk, skysports.com, sport.detik.com