Liga Premier Inggris Hadapi Covid-19, Dua Klub Tunda Tanding Hingga Bek Tengah Arsenal Positif Korona

Logo pertandingan Premier League. (Foto: skysports.com)
Logo pertandingan Premier League. (Foto: skysports.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Liga Primer Inggris kembali menghadapi kasus virus korona yang mengakibatkan laga antara Everton dengan Manchester City ditunda. Selain itu bek tengah Arsenal, Gabriel Magalhaes telah dinyatakan positif Covid-19.

Awalnya, laga Everton dengan Manchester City dalam pekan ke-16 Liga Inggris dijadwalkan pada hari Selasa (29/12/2020) dini hari (Waktu Indonesia bagian Barat / WIB) di markas Everton, Goodisom Park. Namun, empat jam sebelum tendangan awal atau kick-off dimulai, Manchester City yang berkunjung sebagai tim tamu terpaksa menunda pertandingan mereka dengan Everton karena beberapa pemain, staf, dan jajaran pelatih klub terdeteksi positif Covid-19. Sebelumnya pada malam natal, terdapat dua pemain inti, Kyle Walker dan Gabriel Jesus, yang diumumkan positif Covid-19.

Pihak Dewan Liga Primer pun langsung menyetujui permintaan penundaan pertandingan yang diajukan oleh pihak Manchester City. Keputusan tersebut diambil karena Dewan Liga Primer memprioritaskan kesehatan dan keamanan para pemain dan staf.

“Liga Primer terus memiliki kepercayaan penuh pada protokol kesehatan serta aturannya dan cara semua klub menerapkannya. Liga berharap mereka yang terjangkit Covid-19 pulih dengan aman serta cepat dan juga akan mengatur ulang pertandingan yang ditunda melawan Everton,” ungkap Dewan Liga Primer.

Akan tetapi, Everton menyesali keputusan Dewan Liga Inggris. Mereka pun meminta penjelasan kepada pihak Liga Inggris karena merasa tidak dilibatkan atas pengambilan keputusan penundaan pertandingan untuk melawan Manchester City.

“Everton menyesali penundaan pertandingan melawan Manchester City, tidak hanya untuk 2.000 penggemar yang akan hadir, tetapi juga untuk pendukung di Merseyside dan di seluruh dunia,” tutur pihak Everton.

Terhitung pada Desember 2020, tidak hanya laga antara Everton dan Manchester City yang dibatalkan. Sebelumnya pada 4 Desember 2020, kasus yang sama juga menimpa Newcastle United dengan Aston Villa.

Bek tengah Arsenal dinyatakan positif Covid-19

Selain laga antara Everton dan Manchester City ditunda, kasus terbaru juga terjadi di klub Arsenal. Salah satu bek tengah Arsenal yang juga sebagai pemain inti, Gabriel Magalhaes, dinyatakan positif Covid-19. Tentunya hal tersebut membuat Gabriel harus absen pada dua pertandingan Arsenal berikutnya, yaitu menghadapi Brighton dan West Bromwich Albion. 

“Gabriel telah dites serta dinyatakan positif Covid-19 dan diisolasi sesuai dengan protokol pemerintah Inggris dan Liga Primer. Kami akan terus memantau dan mendukung Gabriel dan kami berharap dia akan tersedia lagi setelah dua pertandingan berikutnya,” tulis Arsenal pada situs resmi arsenal.com pada Senin (28/12/2020).

Melansir dari Goal International, pihak klub mengonfirmasi bahwa Gabriel sebelumnya menjalin kontak erat dengan seseorang yang dinyatakan positif Covid-19. Bek tengah asal Brasil yang berusia 23 tahun tersebut kemudian menjalani karantina sehingga membuatnya tidak turut serta dalam  kemenangan 3-1 The Gunners atas Chelsea pada laga pekan ke-15, Minggu (27/12/2020) WIB.

Gabriel sendiri bergabung dengan Arsenal pada September 2020 dan menjadi pemain inti di bawah manajer Mikel Arteta. Bek tengah itu hingga kini telah tampil 15 pertandingan di Liga Primer dan Liga Europa. Ia pun sudah mencetak dua gol dalam pertandingan domestik.

 

Penulis: M. Frizki Alfian

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: skysports.com

Sumber: Skysports.com, Goal.com, Arsenal.com