Rekomendasi Hidangan Kuliner Lezat di Surabaya

Hidangan Kuliner Lezat di Surabaya.
Patung Suro dan Boyo di Surabaya (foto : okezone.news)
Share:

SURABAYA, ULTIMAGZ.com – Dari Sabang hingga Merauke, wisata kuliner di Indonesia memiliki ciri khas, keunikan, dan cita rasa yang lezat. Surabaya merupakan salah satu daerah yang mempunyai berbagai macam makanan khas yang tentu saja sedap, berikut merupakan beberapa rekomendasi hidangan kuliner lezat yang dapat Ultimates santap ketika sedang berlibur ke Kota Pahlawan ini.

 

  1. Rawon Setan
Hidangan di Rawon Setan (foto : ULTIMAGZ/Keisya Librani)

Rawon merupakan salah satu hidangan khas Jawa Timur, berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khusus yang disebut dengan kluwek.

Warung rawon ini dinamakan Rawon Setan karena pada awal berdiri, warung ini buka mulai pukul 22.00 WIB hingga subuh. Namun, sekarang Rawon Setan memiliki dua jam buka yaitu pada hari Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu pada pukul 8.00 pagi hingga pukul 16.30 sore kemudian buka kembali pada pukul 18.00 sore hingga pukul 4.00 pagi. Sedangkan, pada hari Minggu, Senin, dan Selasa, Rawon Setan buka pada pukul 8.00 pagi hingga pukul 23.00 malam.

Warung yang terletak di Jalan Embong Malang No. 78/I, Kota Surabaya ini terkenal akan rawon dengan potongan daging sapi yang besar dan empuk, disertai dengan sambal yang pedas, dan hidangan pendamping yang beragam mulai dari telur asin, sate kulit, paru, telur puyuh, hingga tempe, dan tahu goreng membuat warung ini cocok Ultimates kunjungi saat ke Surabaya.

 

  1. Depot Nasi Campur Pojok Tambak Bayan
Nasi Campur Tambak Bayan (foto : ULTIMAGZ/Keisya Librani)

Sesuai dengan namanya, nasi campur ini memiliki banyak lauk mulai dari bihun semur, daging semur, tahu semur, tahu opor kuning, telur semur, ayam semur, empal hingga sambal yang pedas.

Depot Nasi Campur Pojok Tambak Bayan ini memiliki banyak menu yang bisa Ultimates pilih sendiri sesuai selera. Lauknya yang dominan dengan hidangan semur yang termarinasi dengan baik, nasi campur ini memiliki rasa yang cenderung ke arah manis, tetapi juga mendapat cita rasa pedas karena sambalnya.

Salah satu hidangan kuliner lezat ini sudah memiliki banyak cabang di Surabaya. Bahkan, cabangnya sudah ada di Jakarta, loh!

 

  1. Sate Kelopo Ondomahen Bu Asih
Hidangan di Sate Kelopo Ondomahen Bu Asih (foto : ULTIMAGZ/Keisya Librani)

 

 

Sate klopo merupakan salah satu kuliner wajib saat berkunjung ke Surabaya. Dibaluri bumbu menggunakan kelapa atau klopo dalam pembuatannya membuat sate daging sapi dan ayam ini menjadi gurih dan memiliki cita rasa tersendiri.

Selain melumuri daging sate dengan bumbu kelapa, sate daging sapi dan ayam ini juga disajikan dengan baluran serundeng kelapa dan bumbu kacang membuat hidangan ini semakin lezat saat disantap.

Warung sate yang terletak di Jalan Walikota Mustajab No. 36 ini terkenal di Surabaya. Tidak memiliki cabang di mana pun, menjadikan warung sate ini selalu ramai dikunjungi.

 

  1. Soto Ayam Lamongan Cak Har
Soto Ayam Lamongan Cak Har (foto : ULTIMAGZ/Keisya Librani)

Soto Ayam Lamongan Cak Har ini telah menjadi salah satu kuliner paling terkenal di Surabaya karena memiliki kuah yang gurih, harum, dan potongan ayam yang banyak.

Selain itu, yang membuat hidangan ini makin spesial adalah karena di setiap meja disediakan satu toples koya kerupuk udang yang akan menambah cita rasa kental ketika ditambahkan ke dalam kuah soto.

Tempat makan yang terletak di Jalan Arief Hakim, Keputih, Surabaya ini juga menyediakan balungan gratis bagi para pengunjung, tetapi harus datang lebih pagi jika tidak ingin kehabisan karena pengunjung tidak pernah berhenti untuk datang ke tempat makan ini.

 

  1. Depot Mie dan Lemper Spesial 168
Lemper Ayam Spesial 168 (foto : pergikuliner.com)

 

Kalau Ultimates tidak ingin makan yang terlalu berat, Ultimates dapat mencoba lemper ayam di Depot Mie dan Lemper Spesial 168 ini. Ukuran lemper ini besar, isi ayamnya melimpah, dan memiliki rasa yang enak membuat lemper ini wajib dicoba ketika datang ke Surabaya.

Selain itu, tempat makan yang berada di Jalan Walikota Mustajab No. 52 ini juga memiliki hidangan lain yaitu mie ayam, mie otot daging sapi, pangsit kuah dan goreng, dan macam-macam hidangan lain yang dapat Ultimates cicipi.

Nah, itulah lima rekomendasi hidangan kuliner lezat di Surabaya ala Ultimagz. Ultimates, tertarik coba yang mana?

 

Reporter: Keisya Librani Chandra

Editor: Xena Olivia

Foto: okezone.news, pergikuliner.com, Keisya Librani Chandra 

Sumber: detikfood.com, pergikuliner.com, zomato.com