Messi Raih Ballon d’Or 2015

Share:

ZURICH, ULTIMAGZ.com – Lionel Messi meraih Ballon d’Or untuk kelima kalinya pada malam pengumuman peraih FIFA Ballon d’Or 2015 yang diadakan di Zurich Kongresshaus, Senin (11/1). Messi unggul suara atas Cristiano Ronaldo dan rekan setimnya di Barcelona, Neymar Jr.

Messi memperoleh suara terbanyak dengan 41,33 persen, sedangkan Ronaldo meraih 27,76 persen dan Neymar harus puas hanya dengan 7,86 persen suara. Pemungutan suara tersebut diambil dari kapten-kapten tim, pelatih-pelatih tim nasional, dan perwakilan media dari beberapa negara.

Pada acara ini, juga diumumkan beberapa penghargaan lain seperti Pemain Wanita Terbaik Dunia, Pelatih Pria dan Wanita Terbaik Dunia, FIFA FIFPro Team of the Year, serta Puskas Goal of the Year. Sedangkan pemberian “bola emas” alias penghargaan untuk Pemain Pria Terbaik Dunia, diumumkan pada akhir acara dan dibacakan oleh peraih Ballon d’Or 2007, Ricardo Kaka.

“Peraih FIFA Ballon d’Or 2015 adalah… Lionel Messi,” ungkap Kaka saat membacakan pengumuman. Messi dengan setelan jas hitamnya langsung menaiki panggung untuk menerima “bola emas”.

“Banyak yang berubah sejak 2009, tahun demi tahun sudah terlewati. Aku ingin berbagi emosi dengan orang-orang Argentina dan Barcelona atas penghargaan ini,

“Banyak orang yang selalu mendukungku dan aku berterima kasih kepada mereka,” ungkap Messi dalam pidatonya setelah menerima penghargaan.

“Aku tidak pernah membayangkan ini sekalipun di dalam mimpi,” tambah pesepakbola 28 tahun ini setelah acara berakhir.

Bagi Messi sendiri, ini adalah Ballon d’Or kelima dalam karier sepak bolanya. Sebelumnya, ia meraih penghargaan tersebut pada tahun 2009, 2010, 2011, dan 2012.

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Alif Gusti Mahardika

Sumber: FIFA.com, sport.detik.com

Foto: FIFA.com