Pepe: Gelar Juara Euro 2016 Portugal untuk Cristiano Ronaldo

Share:

SAINT-DENIS, ULTIMAGZ.com – Portugal akhirnya sukses meraih gelar juara Euro 2016 untuk pertama kalinya berkat kemenangan atas tuan rumah Prancis 1-0 lewat perpanjangan waktu di Stade de France, Saint-Denis, Minggu (10/7). Kepler Laveran Lima Ferreira atau yang akrab disapa Pepe, bek andalan Seleccao di Euro 2016, mendedikasikan gelar juara tersebut kepada kapten sekaligus megabintang Portugal Cristiano Ronaldo.

Portugal sempat mendapat masalah besar ketika harus melanjutkan laga final tanpa Ronaldo yang mengalami cedera akibat berbenturan dengan pemain tuan rumah, Dimitri Payet. Ronaldo ditarik keluar pada menit ke-25. Namun, Pepe justru menganggap bahwa cedera Ronaldo justru menjadi motivasi untuk Portugal memenangi laga dan mempersembahkan gelar juara kepada kapten mereka tersebut.

“Kami dianggap kehilangan pemain penting dan kami punya semua harapan padanya (Ronaldo) yang bisa mencetak gol di momen apapun. Ketika ia tidak bisa melanjutkan permainan, saya berusaha mengatakan kepada rekan-rekan jika kami harus menang untuk dia,” ungkap Pepe yang juga merupakan rekan satu tim Ronaldo di Real Madrid.

Memainkan sisa waktu laga final tanpa Ronaldo, Portugal memang sempat terlihat kewalahan meladeni Prancis yang unggul secara penguasaan bola dan mendominasi pertandingan. Namun, mereka akhirnya mampu bertahan dan memaksa tuan rumah melanjutkan laga hingga babak perpanjangan untuk menentukan juara Eropa.

Akhirnya, keajaiban pun tiba pada menit ke-109 atau empat menit pertama di babak kedua perpanjangan. Eder, pemain pengganti yang baru masuk pada menit ke-79 menggantikan Renato Sanches, mencetak gol spektakuler untuk Portugal lewat tendangan jarak jauhnya dari luar kotak penalti yang menaklukkan kiper Prancis, Hugo Lloris. Skor 1-0 untuk Portugal bertahan hingga akhir babak perpanjangan.

Gol tersebut pun akhirnya memberikan gelar juara untuk Portugal dan merusak harapan besar Les Bleus yang ingin merayakan pesta juara di hadapan publik mereka sendiri.

Dengan demikian, misi Pepe beserta rekan-rekan setim lainnya untuk mempersembahkan gelar juara kepada Ronaldo berhasil. Sebab, berkat kerjasama pelatih, pemain, hingga seluruh dukungan suporter, mereka meraih sukses bersama Ronaldo memperoleh gelar juara pertama kalinya dalam balutan seragam tim nasional.

“Pelatih membentuk kami dengan sangat baik, pemain cadangan masuk di waktu yang tepat juga. Kami menumpahkan darah, keringat, dan air mata di sini. Kami telah menulis halaman brilliant dalam buku sejarah sepak bola Portugal,” tambah Pepe yang juga berhasil menjuarai Liga Champions pada Mei lalu bersama Ronaldo dan Madrid.

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Alif Gusti Mahardika

Sumber: fourfourtwo.com

Foto: Getty Images