Inilah yang Baru di Popcon Asia 2016

Beberapa pembicara menghadiri konferensi pers Popcon Asia 2016 di ruang kerja bersama (co-working space) Conclave, Jakarta, Rabu (20/7/16).
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Festival budaya Popular Culture Convention Asia (Popcon Asia) 2016 akan mengadakan graffiti live painting dengan membangun tembok sepanjang 15 meter di parkiran Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 12-14 Agustus 2016. Untuk pertama kalinya, acara outdoor ini diselenggarakan di kawasan seluas 3.500 meter persegi itu. Tidak hanya itu, terdapat juga lomba-lomba baru, yakni face painting dan live drawing.

“Tema ‘Pop Revolution’ ini tujuan akhirnya adalah kolaborasi, bagaimana masing-masing (pelaku industri kreatif) ini bisa berkarya bareng-bareng,” ujar Co-Founder Popcon Asia Sunny Gho dalam konferensi pers di ruang kerja bersama (co-working space) Conclave, Jakarta, Rabu (20/7/16).

Sebanyak 210 booth disiapkan bagi pelaku industri kreatif indie yang mempertunjukkan karyanya. Mereka datang dari tujuh negara berbeda, di antaranya Inggris, Malaysia, Singapura, dan Jepang. Industri kreatif tersebut berupa komik, toys, film, games, musik, dan animasi.

Deputi Fasilitas Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Ari Juliano Gema mengatakan, sebagai bentuk dukungan, pemerintah akan memfasilitasi semua kreator Indonesia yang ingin mendaftarkan hak cipta atas karya-karyanya.

“Ini terbuka untuk seluruh kreator di Indonesia, untuk industri kreatif kecil dan mikro yang asetnya Rp 50 juta ke bawah,” kata Ari.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Popcon Asia kelima ini tetap menyediakan beberapa showcase, seperti peluncuran film Algojo, Filosofi Kopi 2, dan Falcon. Adapun lomba comic challenge, fine-art, dan cosplay yang dapat diikuti masyarakat. Untuk tiket masuk harian dijual Rp 50 ribu dan Rp 125 ribu 3­-days pass yang bisa dibeli melalui situs 2016.popconasia.com.

Penulis: Kezia Maharani Sutikno

Editor: Lani Diana

Fotografer: Debora Darmawan