Pindah Klub, Marco Rose Tukar Gladbach dengan BVB

Pindah Ke Borussia Sebelah, Marco Rose Tukar Gladbach dengan BVB (Ultimagz)
Borussia Mönchengladbach mengumumkan bahwa pelatih mereka, Marco Rose akan meninggalkan mereka di akhir musim untuk bergabung dengan Borussia Dortmund pada Selasa (15/02/20). (Foto: sport.sky.de)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Borussia Mönchengladbach telah mengumumkan bahwa  pelatih mereka, Marco Rose, akan meninggalkan mereka pada akhir musim. Pengumuman tersebut datang setelah Rose memutuskan untuk bergabung ke tim Borussia lainnya, yaitu Borussia Dortmund.

Sebenarnya, kontrak Rose masih tersisa satu tahun lagi dan baru akan berakhir pada musim panas 2022, Namun, terdapat klausul di dalam kontrak pelatih asal Jerman tersebut yang memperbolehkannya untuk meninggalkan klub setahun lebih cepat.

Dilansir dari laman twitter Mönchengladbach, Direktur Olahraga klub asal Jerman tersebut, Max Eberl, mengkonfirmasi kepergian Rose.

“Kami telah mengadakan banyak pembicaraan dalam beberapa pekan terakhir untuk membahas masa depan Marco. Sayangnya, dia memilih untuk mengaktifkan klausul dalam kontraknya dan pergi musim panas ini. Sampai saat itu, kami akan bekerja keras untuk mencapai tujuan kami di liga, piala, dan (kompetisi) Eropa bersama.”

Untuk Dortmund, Marco Rose memberikan lumayan banyak pengalaman serta prestasi yang mengesankan. Sebelum melatih Mönchengladbach, Rose melatih klub asal Austria, RB Salzburg selama dua musim dan berhasil menjuarai Liga Austria sebanyak dua kali dan Piala Austria sekali.

Kemudian, Rose memilih untuk bergabung dengan Mönchengladbach yang baru saja memecat pelatih mereka sebelumnya, Dieter Hecking. Rose mampu membawa Mönchengladbach finis pada peringkat 4 pada musim 2019/2020, setelah hanya mampu finis pada peringkat 5 musim sebelumnya. Berkatnya, Mönchengladbach dapat merasakan bermain di kompetisi tertinggi Eropa, UEFA Champions League (UCL).

Salah satu pemain yang akan senang dengan kedatangan Rose adalah striker andalan Dortmund, Erling Haaland. Striker asal Norwegia itu sudah pernah bekerja bersama Rose di RB Salzburg yang memberikan laga debutnya untuk klub tersebut pada tahun 2019. Di bawah arahan Rose, Haaland mampu mencetak 29 gol dalam 27 pertandingan bersama Salzburg sebelum berlabuh ke Signal Iduna Park dengan mahar sekitar €20 juta.

Kedatangan Rose tentunya akan disambut hangat oleh para pendukung setia Dortmund yang saat ini sedang menderita dengan situasi klub mereka yang tak kunjung membaik. Dortmund kini berada di peringkat 6 Bundesliga dengan perolehan 33 poin dari 21 pertandingan (10 menang, 3 seri, 8 kalah). Performa buruk klub tersebut tidak jauh dari masalah manajemen klub yang memilih untuk memecat pelatih mereka Lucien Favre di tengah musim tanpa mencari pengganti yang sepadan. Akibatnya, Dortmund memilih untuk menunjuk asisten Favre kala itu, Edin Terzić untuk menjadi pelatih sementara mereka.

Penulis: Louis Brighton Putramarvino

Editor: Charlenne Kayla Roeslie

Foto: sport.sky.de

Sumber: twitter.com/borussia_en, bundesliga.com, transfermarkt.com