Dampak Virus Corona Buat Premier League Tunda Laga Hingga 4 April 2020

Logo Premier League. (Foto: premierleague.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Premier League kini sudah mulai merasakan dampak dari adanya virus corona atau Covid-19. Dengan kabar manajer dan beberapa pemain dari klub sepak bola tertentu dinyatakan positif virus corona, Premier League harus menunda laga hingga Sabtu (04/04/20). 

Manajer klub sepak bola yang dinyatakan positif virus corona ialah Mikel Arteta. Kabar mengenai terjangkitnya manajer Arsenal ini baru diumumkan pada Jumat (13/03/20) pagi. Selain Mikel, penggawa muda milik Chelsea, Callum Hudson-Odoi juga dinyatakan positif terjangkit virus Covid-19. 

“Hasil tes pemain Chelsea, Callum Hudson-Odoi, positif terifeksi virus corona,” tulis klub sepak bola Chelsea di situs resminya.

Dalam pengumuman tersebut, semua pemain dan staf yang baru melakukan kontak dengan Callum akan mengisolasi diri sesuai aturan kesehatan pemerintah. Klub Chelsea berharap semua yang tidak berinteraksi dengan Callum dapat kembali bekerja dalam beberapa hari mendatang.

Virus corona tidak hanya menyerang Mikel dan Callum saja. Bek Manchester City Benjamin Mendy memutuskan untuk mengisolasi diri setelah berjumpa dengan salah satu sanak saudaranya. Pasalnya, Benjamin mengetahui bahwa ternyata salah satu saudaranya diyakini terjangkit virus corona.

Demikian juga halnya dengan yang terjadi di Leicester City. Brendan Rodgers selaku manajer klub mengonfirmasi adanya pemain yang mengalami gejala virus corona.

“Ada beberapa pemain yang menunjukkan gejala dan tanda-tanda (virus corona). Kami telah mengikuti prosedur dan (sebagai pencegahan) mereka telah dipisahkan dari tim,” ujar Brendan dalam pernyataan resmi klub.

Awalnya, Premier League memutuskan untuk menunda beberapa laga sepak bola karena beberapa staf Arsenal pernah melakukan kontak fisik dengan Pemilik Klub Olympiakos Evangelos Marinakis yang positif terjangkit virus corona. Namun, dampak virus corona mengubah keputusan mereka.

Beberapa liga seperti Serie A dan Laliga memutuskan untuk menunda laga dan menunggu hingga kondisi lebih aman. Selain itu, beberapa pertandingan Liga Champions maupun Liga Europa juga ada yang ditunda maupun dijalankan dengan sistem tanpa penonton. Hingga kini Premier League juga mengikuti jejak liga-liga lainnya dan menunda pertandingan hingga awal bulan mendatang.

 

Penulis: Frengky Tanto Wijaya

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: premierleague.com

Sumber: detik.com, kompas.com, cnnindonesia.com, idntimes.com