Real Madrid Kalahkan Rival Satu Kota di Derbi Madrid

Sergio Ramos lakukan selebrasi setelah mencetak gol penalti. (Foto: Reuters)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Real Madrid berhasil kalahkan rival satu kotanya, Atletico Madrid dalam laga lanjutan La Liga di Stadion Wanda Metropolitano, Sabtu (09/02/19). Pertandingan berakhir dengan skor 3-1. Casemiro, Sergio Ramos, dan Gareth Bale menjadi pencetak gol untuk Real Madrid. Sementara itu, Antoine Griezmann menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol untuk Atletico Madrid pada pertandingan ini.

Sejak wasit meniup peluit panjang, kedua tim saling bergantian untuk melancarkan serangan. Atletico lebih unggul dalam memberi tekanan pada menit-menit awal, sehingga memaksa Real Madrid memperkokoh pertahanan. Sayangnya, tak ada satupun peluang yang diciptakan oleh Atletico menghasilkan gol. 

Real Madrid baru mempunyai peluang menembak pada menit ke-15. Tim asuhan Santiago Solari ini mendapat tendangan pojok. Hal ini dimanfaakan oleh Casemiro untuk mencari ruang tembak yang luas. Sergio Ramos memberi umpan lambung pada Casemiro dan disambut oleh tendangan akrobatik yang membuahkan gol. Tim tamu unggul 1-0.

Meski tertinggal, Atletico tak kehilangan semangat. Mereka tetap memberi serangan dengan tempo permainan yang begitu cepat. Adu fisik dari masing-masing pemain pun tak terelakkan. Lucas Vazquez mendapat kartu kuning pada menit ke-22 disusul oleh Antoine Griezmann yang juga mendapat kartu kuning di menit ke-24.

Peluang emas didapatkan Atletico pada menit ke-25. Angel  Correa berhasil merebut bola dan memberi umpan terobosan pada Griezmann yang terbebas dari posisi offside, sehingga berlawanan satu lawan satu dengan Thibaut Courtois yang akhirnya berbuah gol. Kedudukan skor menjadi 1-1.

Aksi saling menyerang pun semakin terjadi. Kedua tim berusaha untuk kembali mencetak gol hingga kesalahan dilakukan oleh pemain Atletico Gimenez. Ia mengenai kaki Vicinius ketika hendak merebut bola yang menyebabkan Vicinius terjatuh di kotak penalti. Real Madrid memanfaatkan hadiah penalti dengan keberhasilan Sergio Ramos mengarahkan bola ke sisi kanan gawang. Los Galacticos berbalik unggul 2-1 hingga babak pertama berakhir.

Selepas turun minum, tempo permainan sedikit melambat. Kedua tim tetap saling menyerang dan adu fisik semakin sering terjadi pada babak ini. Hal ini tampak pada jumlah kartu yang dikeluarkan oleh wasit. Tercatat ada 3 kartu kuning dan 1 kartu merah yang didapatkan oleh beberapa pemain dari kedua tim.

Pada babak ini, teknologi VAR (Video Assistant Referee) juga semakin sering digunakan. Beberapa penggunaannya dilakukan pada saat gol dari Alvaro Morata yang akhirnya dianulir karena berada dalam posisi offside di menit ke-54. VAR juga digunakan ketika ia terjatuh di kotak penalti yang diputuskan bukan sebagai sebuah pelanggaran.

Tim asuhan Solari semakin kuat ketika Gareth Bale masuk menggantikan Vinicius. Hal ini terbukti ketika Bale berhasil memperbesar keunggulan pada menit ke-74. Tanpa penjagaan yang ketat, Bale memanfaatkan umpan dari Luka Modric hingga membuahkan gol.

Skor 3-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Real Madrid pun naik ke peringkat kedua klasemen sementara dengan poin 45. Sedangkan Los Rojiblancos harus rela turun ke peringkat ketiga dengan poin 44.

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: Reuters.com