Rusia Perpanjang Kutukan Spanyol

(Foto: Reuters Photo, Times of India)
Share:

MOSKOW, ULTIMAGZ.com Spanyol harus mengemas koper setelah ditaklukkan Rusia lewat adu penalti dalam laga yang digelar di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (01/07/2018). Kekalahan ini memperpanjang kutukan Spanyol yang tidak pernah memenangi kompetisi kala bertemu dengan tim tuan rumah.

Sejak peluit babak pertama ditiup, kedua tim tampil saling menyerang untuk menghibur suporter yang memadati Stadion Luzhniki. Meski terus diintimidasi oleh sorakan pendukung Rusia setiap menguasai bola, namun para pemain Spanyol masih bisa fokus memberikan tekanan demi tekanan kepada tuan rumah.

Pada menit ke-12 terciptalah gol pertama dalam pertandingan ini. Sergei Ignashevich melakukan gol bunuh diri setelah mencoba memotong bola tendangan bebas yang dikirim ke dalam kotak penalti oleh Isco. 

Jelang turun minum, Rusia mendapatkan tendangan dua belas pas setelah Gerard Pique kedapatan melakukan handsball di dalam kotak penalti. Artem Dzyuba yang menjadi eksekutor berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah tendangannya tak kuasa ditahan David De Gea.

Lapangan licin akibat hujan yang berlangsung sejak mulainya babak kedua membuat kedua tim sulit tampil maksimal. Walau demikian, Rusia dan Spanyol tetap mempertahankan pakem permainan agresif demi mencetak gol tambahan.

Terhitung sejak menit ke-71, Spanyol melepaskan 22 tembakan ke arah gawang yang tidak satu pun berujung pada gol. Percobaan yang dilakukan oleh Isco dan Marco Asensio kerap berakhir tanpa hasil akibat performa brilian yang ditunjukkan kiper Rusia, Igor Akinfeev.

Babak tambahan waktu yang diberikan setelah hanya mampu bermain 1-1 dalam waktu 90 menit tetap tidak cukup untuk menentukan pemenang. Alhasil, permainan pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti yang secara mengejutkan dimenangkan oleh Rusia setelah seluruh eksekutornya mampu menceploskan bola ke gawang De Gea, sebagaimana Koke dan Iago Aspas gagal menaklukkan Akinfeev.

Kegigihan Rusia yang dapat memaksakan babak tambahan dan adu penalti pertama selama Piala Dunia 2018 berlangsung, berbuah pada tiket ke babak perempat final. Tim asuhan Stanislav Cherchesov sendiri akan berhadapan dengan Kroasia yang juga harus menempuh adu penalti untuk menaklukkan Denmark.

 

Penulis: Billy Dewanda

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Reuters Photo, Times of India