Kompetisi Shopee Liga 1 Bergulir, Ma’ruf Amin Harap Berjalan Sehat

Shopee Liga 1
Atmosfer pertandingan pembuka antara Persebaya Surabaya menghadapi Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo pada Sabtu (29/02/20). (Foto : JPNN.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com  Kompetisi liga sepak bola di Indonesia bertajuk Shopee Liga 1 resmi bergulir pada Sabtu (29/02/20). Wakil Presiden Republik Indonesia K. H. Ma’ruf Amin memberikan selamat atas bergulirnya liga ini dan berharap agar kompetisi liga dapat berjalan dengan sehat serta adil (fair play).

“Yakinlah, kompetisi yang sehat akan melahirkan tim nasional (timnas) yang kuat,” kata Amin. 

Presiden Komisaris SEA Grup Pandu P. Sjahrir juga mengatakan hal yang serupa dengan wakil presiden. Dalam acara konferensi pers dan peluncuran Shopee Liga 1 2020, Pandu menganggap sepak bola bisa menjadi salah satu cara untuk mempersatukan bangsa.

“Masyarakat Indonesia, seperti yang kita tahu ini sangat mencintai sepak bola dan kompetisi ini mungkin bisa jadi salah satu sarana yang terbaik untuk bisa mempersatukan negara yang kita cintai ini, Republik Indonesia,” ujar Pandu pada Senin (24/02/20) di Hotel Fairmont, Jakarta. 

Pembukaan liga ini dihadiri oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Untuk mengawali pertandingan pertama, Irawan mengatakan kompetisi harus bermutu dan adil. 

“Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) harus memenuhi arahan Presiden Joko Widodo, yaitu kompetisi yang bergulir harus bermutu, berkualitas, fair play, tepat waktu, dan menjadi tontonan menarik,” jelas Iriawan dalam pidatonya. 

Ia juga mengatakan, Shopee Liga 1 musim ini mengambil tema Kita Bersaudara. Iriawan menambahkan, kompetisi kali ini berjalan sesuai dengan rencana awal yang telah ditetapkan, yakni pada Sabtu (29/02/20) dengan total 306 pertandingan. Di tempat yang sama, Zainudin berpesan bahwa setiap klub harus menjunjung tinggi sportivitas kala sedang bertanding. 

Liga 1 dimulai dengan pertandingan pembuka antara Persebaya Surabaya yang menghadapi Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Selain pertandingan antara Persebaya melawan Persik Kediri, terdapat juga laga antara Madura United melawan Barito Putera dan Persiraja Banda Aceh melawan Bhayangkara FC.

Pertandingan pekan pertama lainnya akan berlangsung pada Minggu (01/03/20). Kemudian, kompetisi minggu awal ini akan ditutup dengan laga antara PS Tira Persikabo dan Arema FC pada Senin (02/03/20).

Tahun ini, pertandingan akan diikuti oleh 18 klub dari beberapa daerah di Indonesia. Sebagai tahun keempat penyelenggaraan kompetisi Liga 1, panitia telah memberikan kesan positif. Pasalnya pada musim sebelumnya, Liga 1 terkenal dengan keterlambatannya dalam memulai kick-off. Aktivitas menendang bola dari titik tengah lapangan pada Shopee Liga 1 2019 mundur sepekan dari jadwal yang telah direncanakan.

 

Penulis: Frengky Tanto Wijaya

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: jpnn.com

Sumber: detik.com, liputan6.com, bola.tempo.co, bolasport.com, kompas.com