Turnamen Pramusim ICC 2020 Batal Digelar

ICC 2020
Logo International Champions Cup, ajang turnamen pramusim klub-klub top Eropa (Foto: Sportku.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Akibat pandemi COVID-19 yang belum juga menunjukkan angka penurunan membuat salah satu turnamen sepakbola kembali gagal digelar, yaitu International Champions Cup 2020 atau biasa disebut ICC 2020.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh bos dari Relevent Sports, Daniel Sillman pada Sabtu (11/04/20).

“Kesehatan dan keselamatan pemain, staf, suporter, dan semua yang terlibat dalam turnamen kami selalu menjadi yang terpenting,” bunyi pernyataan resmi Relevent Sports Group dilansir dari Kompas.com.

“Tidak adanya kejelasan soal kapan social distancing dan karantina akan dicabut serta kalender sepakbola dunia yang tidak pasti, sehingga bisa saja liga domestik dan turnamen UEFA dimainkan hingga Agustus, membuat gelaran ICC tidak mungkin digelar pada musim panas ini,” lanjut Sillman dalam situs resmi ICC dilansir dari detik.com.

Meskipun event tahun ini terpaksa dibatalkan, Sillman tetap berharap dapat menghelat ajang pramusim ini pada 2021. “Kami berharap dapat membawa klub terbaik dan pertandingan bergengsi di dunia ke Amerika Serikat dan Asia pada tahun 2021,” tegasnya.

International Champions Cup ini sendiri merupakan sebuah turnamen pramusim yang menghadirkan klub-klub top Eropa untuk melakukan pemanasan sebelum menjalani liga. Selain sebagai ajang pemanasan tim, ajang ICC sendiri juga menjadi waktu bagi klub untuk promosi dan mendekatkan diri dengan fans. Beberapa negara yang pernah ditunjuk menjadi tuan rumah dari pertandingan ICC yakni Amerika Serikat, Cina, Australia, dan Singapura.

Awalnya, bila jadi dihelat turnamen akan dibuka dengan laga el clasico antara FC Barcelona melawan Real Madrid di Las Vegas. Pertandingan tersebut nantinya juga menjadi debut dari Stadion Allegiant yang baru rampung pembangunannya. Sayangnya hal tersebut harus urung terlaksana karena wabah virus korona.

Selain gagal menjajal stadion baru, Barca dan Madrid juga diyakini bakal mengalami kerugian akibat batalnya ICC 2020 ini. Data dari Marca menyebutkan Barcelona dan Real Madrid bakal kehilangan pemasukan sebesar 18 juta euro atau sebesar Rp 311 miliar.

 

Penulis: Frengky Tanto Wijaya

Editor: Xena Olivia

Foto: Sportku.com

Sumber: Kompas.com, Detik.com, Kumparan.com